Ciri-ciri makanan yang mengandung formalin

Ini hasil searching di internet tentang ciri-ciri makanan berformalin.

Bagaimana mengetahui secara pasti adanya formalin pada produk pangan?
Deteksi formalin secara kualitatif maupun kuantitatif secara akurat hanya dapat dilakukan di laboratorium dengan menggunakan pereaksi kimia.

Bagaimana mengenali kemungkinan suatu produk pangan mengandung formalin sebagai pengawetnya?
Berikut ini terdapat beberapa ciri penggunaan formalin, walaupun tidak terlampau khas untuk mengenali pangan berformalin, namun dapat membantu membedakannya dari pangan tanpa formalin.

Ciri-ciri mi basah yang mengandung formalin:
* Tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius) dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es ( 10 derajat Celsius)
* Bau agak menyengat, bau formalin
* Tidak lengket dan mie lebih mengkilap dibandingkan mie normal

Ciri-ciri tahu yang mengandung formalin:
* dak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar (25 derajat Celsius) dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es ( 10 derajat Celsius)
* Tahu terlampau keras, namun tidak padat
* Bau agak mengengat, bau formalin (dengan kandungan formalin 0.5-1ppm)

Ciri-ciri baso yang mengandung formalin:
* Tidak rusak sampai lima hari pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius)
* Teksturnya sangat kenyal

Ciri-ciri ikan segar yang mengandung formalin:
* Tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius)
* Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar dan warna daging ikan putih bersih
* Bau menyengat, bau formalin

Ciri-ciri ikan asin yang mengandung formalin:
* Tidak rusak sampai lebih dari 1 bulan pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius)
* Bersih cerah
* Tidak berbau khas ikan asin

Dikutip dari : Republika – 23 Agustus 2005 – Anda Bertanya,Badan POM Menjawab

Baca juga link-link ini :
Badan POM 30 Des 2005 – Berita Aktual – FORMALIN
Republika, 23 Agustus 2005 – Kenali Produk-produk Ini dengan Baik

Technorati Tags : , makanan, ciri-ciri, ,

About these ads

111 Responses

  1. Tadi Priyadi nanya cara praktis deteksi formalin, tapi postnya udah menghilang sebelum saya sempat posting.

    http://www.histosearch.com/histonet/Sep99/Re.formalindetectionD.html

    “If you want a really quick method to test for formaldehyde I will agree the Schiff’s Reagent is the quickest method for detection. Color change from clear to dark fuchsin indicates aldehyde detection. If you want to get a little more analytical about your test. Try spectrum chemicals at : 800-772-8786, their website is http://www.spectrumchemical.com. They have a color assay test strip that indicates aldehyde presence, but also can determine parts per million.”

    http://www.google.com/search?q=Schiff's%20Reagent

    Yg perlu diketahui adalah formalin itu sebetulnya adalah formaldehyde yg dilarutkan dalam liquid, karena formaldehyde sebetulnya adalah gas. Mencari info soal formaldehyde biasanya mengarah ke formalin ini.

  2. Bau formalin itu seperti apa?

  3. ya seperti ini nih…

  4. Bug dari penjelasan diatas adalah, untuk mengetahui pake formalin atau tidak, kita harus nunggu 2-15 hari. Kalo ternyata makanan tersebut gak pake formalin, dah keburu basi dong dan tetep dibuang :D

  5. setuju amah irfan…

    keduluan lagi, Iya kelamaan kalo nunggu segitu lama dan pasti udah di buang :)

  6. memang susah nentuin makanan yang berformalin. maka dari itu supaya konsumennya aman, satu2nya cara ya diperketat pengontrolan makanan yg diproduksi masal dan dijual bebas.

    mungkin perlu dihukum gantung para produsen makanan yang memakai formalin sebagai bahan pengawet, atau gimana kalau kita perlakukan seperti maling yang ketangkap basah.

  7. hari ini ngomongin formalin, terus besok lagi cerita boraks, trus besoknya lagi cerita penyalahgunaan pengawet lainnya untuk bahan makanan… selalu terulang sejak aku masih TeKa!

    melihat nasi putih, tempe goreng, tumis bayam, plus sambal tutuk yang akan segera disantap…

    *hanya terjadi di Indonesia …keluh*

  8. Yang harusnya dikontrol duluan adalah distribusi/penjualan formalin, boraks dsb itu. Kalo pembuat makanan tidak dapat akses ke formalin dsb ya mereka tidak bisa apa2. Kalo orang mudah mendapat akses ke formalin dsb ya ngontrolnya setengah mati, sama aja boong.

  9. Ronny : Menyengat. Biasanya kalau dirumah duka, ada yang disuntik formalin, pokoknya bau aja.
    Tapi kalau dicampur ke makanan, ditunggu beberapa lama, baunya gak kecium lagi.

    Soal kontrol, sebenarnya sudah ada. Misalnya di PR kemarin, salah satu distibutornya bilang, kalau mau beli, harus institusi. Murah kok, 7.500 – 10.000 / liter. Tapi gak ngerti kenapa bisa lolos :(

  10. Harus institusi? Definisi institusi itu apa? Apa saya buka institusi pembuat makanan lalu boleh beli formalin? Hehe. Terang aja lolos, wong asal institusi boleh. Harusnya jauh lebih diperketat lagi.

  11. Ronny : Dari PR – Polisi Akan Merazia Makanan Berformalin

    Menurut apoteker PT Brataco Chemical (PT Bratachem) Devi Nur Verial, sebenarnya formalin tidak bisa dijual secara bebas. Bahkan, formalin tidak dijual perorangan, melainkan institusi. Sehingga, untuk mendapatkan formalin harus melalui surat pesanan yang ditandatangani oleh pimpinan institusi.

    Pembeli formalin sebenarnya dibatasi hanya institusi tertentu saja, seperti rumah sakit, apotek, universitas, sekolah, industri farmasi, dan industri peternakan. ”Karena, formalin itu termasuk bahan kimia berbahaya yang tidak bisa diperjualbelikan begitu saja,” kata Devi.

    Bagi pengiriman formalin ke luar Kota Bandung, PT Bratachem akan melakukan survei dahulu dengan mengirim sales marketing mereka ke institusi pemesan. ”Jadi, barang tidak dapat diambil begitu saja, tapi harus melalui proses kontrol dan pengecekan lebih lanjut,” ujar Devi lagi.

  12. Salah satu kelemahan yg ada pada (pel-tu) pelaksanaan institusi pengawas terkait adalah lemahnya kontrol pengeluaran atau penjualan formalin khususnya lewat Apotik. Hal ini dikarenakan pembelian formalin di kebanyakan Apotik di seluruh Indonesia tidak lagi mengikuti aturan yang ditetapkan yaitu formalin hanya dapat diserahkan kepada seseorang berdasakan resep dokter. Kelemahan ini membuat siapa saja yang memerlukan formalin dapat dengan bebas membelinya di Apotik mana saja. Walhasil….ya seperti sekarang ini………

  13. ya namanya juga pemerintahan indonesia dari dulu sih makana sudah memakai formalin tapi baru sekarang di usut. saya harap bagi depkes tidak diam saja, seharusnya masuk ke setiap pasar untuk meninjau para pengguna formalin.

  14. tentang formalin….
    katanya formalin digunakan untuk pengawet mayat ya??

  15. Ya udah, gk usa rame2 kaya gini, lagian formalinnya jg uda dari dulu2 ada… Depkesnya aja yang bikin sensasi. Mending kita mengurangi rame2, selektif dlm membeli makanan. Kalo bisa kurangin deh yg namanya jajan makanan yg jelas2 gk kejamin mutunya. Kaya bakso yg semangkok cm 2rb-3rb. Tul kan… Ntar udah dapat yg fromalin, baksonya bakso tikus pula…

  16. formalin mulu,,kapan seh gw bisa makan makanan tanpa rasa takut…
    lagian kok pengawet mayat digunain bwat ngawetin makanan seh???tegs bgt!!!!

  17. mending hindari dulu dech makanan yang diisuin mengandung formalin. lebih enak makan sayur udah murah bergizi lagi, tinggal lebbbbbbb! tapi teteup orang yang nyampurin formalin and the gank kedalam makanan kita, harus ditumpas habis,ampe keakar-akarnya!

  18. Sebagai warga Sumedang, saya cukup bangga bisa bilang “TAHU SUMEDANG BEBAS FORMALIN” :D

  19. Pada ngaco semua ah…tau formalin berbahaya, tapi cuma diobrolin ! Udah pada tau blom cara eliminasinya ? Karena kita friend, so aku bakal kasih tau deh…Bagi yang dah biasa konsumsi makanan dengan pengawet formalin, baiknya kalian semua banyak – banyak konsumsi susu atau makanan yang kaya protein (tapi jgn yang diawetin pake formalin) terutama yang mengandung protein. Tau kenapa ? Krn antidot (penawar) spesifik formalin emang blom ada!Nah…Protein dan tersebut akan diikat HCOH (Formalin) pada gugus karbonilnya, sehingga Insya Alloh nantinya dapat dieliminasi tubuh. Gitu Ceritanya…!Klo pengin tau lebih lanjut, hubungi gue di pio_mfk@yahoo.com, ane tunggu yah…Bener lo..!

  20. formalin mulu neeh,bosen bggt tau ga seh sampe2 guru ja nyuruh aku cari info about that,huh knpa seh ga dari dulu2 ja,knapa baru sekarang after sekian lama kita makn tuw formalin ma boraks,iya ga?????

  21. tolong lebih jelas lagi donk penjelasan ttng bahaya nya formalin tulis y dsn bwat tugas euyyyyyy

  22. apa dampak dari formalin dan pengaruhnya dalam kehidupan

  23. 14 : Tarissa_SRt : iya.
    21 : nue : lebih baik ke badan POM terdekat, sekalian update info terbaru.
    22 : jeremia : lihat postingan http://pipit.wordpress.com/2005/12/30/pernyataan-menyikapi-berita-penggunaan-formalin-dalam-makanan/

  24. tolongin donk, lagi butuh all about formalin neh..yang punya info lengkap help me yach

  25. Guys Help me i need more info all bout formalin for my skripsi thank yach….

  26. hy, guys,…. please help me!! I need info all about formalin, boraks, and Rhodamine B…!! Please!! If tou know,.. e-mail to n3die_la93@yahoo……..THANKS

  27. Dila, kamu pegi aja ke Balai Pengawas Obat dan Makanan setempat, ke Bagian Unit Layanan dan Pengaduan Konsumen yang akan memberikan informasi tsb dg lengkap…….
    Gw jamin……….

  28. apa ga ada cara yang lebih cepat dan praktis u tahu tu makanan ada formalinnya ato ga. soalnya klo nguji makanan di lab kan ribet truz ga semua org mau ke lab.
    klo nunggu beberapa hari lagi keburu basi tu makanan. syukur klo ada formalinnya klo ga kan mubazirrr bgt tuh makanan. apalagi sekarang banyak orang yang kelaparan(busung lapar!!!!)

  29. sekaran mengetes makanan mempunyai bahan pengawet atau tidak dengan merendam bahan makanan tersebut air sisa perendaman di teteskan dengan bahan kimia KClO4

  30. taw ga?! kebetulan Aquw kuliah teknologi pangan… nah, kemaren prat. identifikasi formalin,, ternyata cuka yang banyak dijual di supermarketpun mengandung formalin low! ngeri g se?!! kita mesti ati2 bener2 de! bukannya kita jadi takut makan tapi masalahnya identifikasi formalin secara akurat tuh cuma bisa lewat lab si..dimohon produsen makanan mangjaga keamanan produk pangannya de..

  31. Wow… Keren Ente Dapet Dari Mana sih itu Semua…?

    Sorry Ndak Pake Nama Asli…
    (Semua Nama Itu Aslinya Cuma Satu Orang Aja…!)

  32. ada yang tau info lebih lengkap ga tentang penggunaan formalin di susu?help me ya plizzzz banget bwat my final project. klo ada yang tau tolong e-mail ke : rikey_box@yahoo.com
    Thanx be4

  33. sam dunk pit… ane ma rika, plis dunk kasih info yg lebih lengkap tentang formalin trus efeknya ke tubuh kita ampe ke sel-sel tubuh. butuh banget nich untuk buat tugas, klo ada yang punya info kirimin ke e-mail ane yach: edny_js@yahoo.com. thanks guys!

  34. kan ada cairan pengetes formalin…..
    HmMm namanya Formalin Mine Reagen..
    Thanx udah dikasih tw segitu lengkapnya..

  35. e ngomongin formalin apa ya kyk senyawa kimia gt, wong mknan instan slalu pk pngawet ya resiko toh yo klo ad formalinny mending mkn yg alami aj d ksi info dunk iktn kimiany,formalin itu kan rangkaian aldehit,berikatan ap aj yamg bs bwt berbahaya

  36. aduh soal tentang barang ini bikin za pusing jujur aja guru qu tuh kiler padahal dia ga tau apa tuh unsur kimia dalam formalin kampret loe guru

  37. kenapa formalin selalu ada ? mengapa bukan zat yang lain saja yang tidak berbahaya supaya biar setiap orang tidak menggunakannya untuk makanan

  38. maaf nih mo nanya, penting banget! bagaimana jika formalin dicampur deterjen?bagaimana reaksinya?

  39. pada kemana?ditunggu gak da yang jawab?

  40. jika terlalu sering mengkonsumsi ikan asin apa akan terjadi penyakit , seperti apa….?

  41. berapa banyak orang yang konsumsi itu..?

  42. halo eko cahyono, km mau ingin tahu? ada kok caranya, km cari saja bahan yang di perluhkan lalu buat dech.
    Berusaha YA….?

  43. jangan mudah menyerah tuk cari tahu.

  44. FORMALIN MENYEBALKAN , I HATE FORMALIIIINNNN!@#@$%

  45. bahwa makanan yang mengandung formalin itu biasanya makanan itu tidak dihinggapi oleh lalat atau sejenis binatang lain seperti serangga sehingga makanan itu mengandung formalin yang bisa mematikan umat manusia.sebaiknya pemerintah itu harus lebih waspada dan memberikan sanksi kepada orang yang membuat formalin kepada produk- produk makanan, sehingga orang yang membuat formalin dijerah.pemerintah sebaiknya memeriksa kepada pemilik rumah makanan apakah makanan yang dijual mereka mengandung formalin atau tidak?apakah pemerintah sudah membuat UU untuk penggunaan formalin yang sampai kadar berapa % formalin itu harus digunakan pada makanan yang akan dijual oleh pemilik rumah makan tersebut?kepada semua pemerintahan setempat, pusat hingga kabupaten berhati – hati dalam membeli makanan diluar.pemerintah pusat sebaiknya melihat semua pesan kami dan peduli akan suara dari masyarakat yang sudah terkena makanan dari formalin.

  46. katanya bru2 ni ditemukn kandungan formalin dalam permen dan pasta gigi produksi china,pabisa disebutkn nama produknya???

  47. Klo ada orang yang buka ni situs…bls dong buruan… Penting nech…
    coz Qta bagi2 ilmu atuh…

  48. kyknya tuh BPOM harus kerja keras deh ? knp ne kan untk kite-kite semua masyrakat indonesia? pastikan anak cucu kite gk makan tu formalin apalagi borak,,,,, ei ,,,

  49. “Formalin di Makanan Tak Berbahaya” kata Dr Yuswanto, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta. Lihat informasi lengkapnya di
    http://www.mail-archive.com/kimia_ui@yahoogroups.com/msg00202.html

  50. formalin ktnya jga ada d permen dr luar ngri, apa itu bnr?
    ko bs msk indonesia?

  51. kak boleh nanya gk? sebenarnya apa keuntungan dan kelemahannya masyarakat menggunakan formalin? bantuinnnnnn kita ya ngerjain tugas karya ilmiah????

  52. yach beginilah indonesia……BPOM hanya koar2 ini ada formalin, bahan pangan ini mengadung formalin……. itu mah dah luama terjadi tapi sampai skrg tetep aja beredar bahan pangan yang mengandung bahan pengawet mayat ini. BPOM dan pihak yg terkait, tentunya pemerintah dsini spt macan ompong….mestinya mereka mencari solusi pengganti formalin sbg bhn pengawet, jgn cuma koar2 aja….. sbnrnya sdh byk ditemukan dan byk penenlitian oleh para ahli ttg bhn pengawet yg aman, salah satu contohnya ASAP CAIR…… tapi penemuan2 tersebut spt mubadzir dan hny utk skala lab. saja karena tidak ada tindak lanjut dari pemerintah untuk mensosialisasikan temuan2 tsb. saya yakin dengan kerjasama pihak2 terkait dengan para peneliti2 bisa memberi pengertian dan menghentikan penggunaan formalin di negri ini……
    HIDUP INDONESIA……

  53. thanx ya isinya……………

  54. eh yang kena kok bpom aje, kan mestinya instansi yg terkait juga tuh kayak perdagangan yang nyalurin formalin ato perindustrian, gimana tuh pabrik pabrik yg memproduksi kok kebanyakan dan distribusinya apa ada kontrolnya ??? apa sebaiknya formalin dikasih warna aza biru kek, biar tahunya ato mienya yg pake formalin berwarna biru, haha seru dah tuh tukang baso tahu atao siomay

  55. iya nich,,, kita sana-sini takut makan, soalnya takut klo ada formalinnya. knpa sich penjual musti pake formalin,, klo gak pake pasti dagangannya tambah laku… lagian rejeki gak lari kemana kok!!!!!!!!

  56. aku setuju banget ama Darsih, itukan supaya kita tahu klo makanan itu mengandung formalin.

  57. Darsih……… aku suka saran kamu,,, pokoknya aku dukung km!!!!!!!!!

  58. Darsih……… aku suka saran kamu,,, pokoknya aku dukung km!!!!!!!!!

  59. K’q blh nx gk?gmn sich carax mndeteksi adax formalin pd berbagai merk permen?cz q mo adax pnelitian ttg pengunaan formln pd permen!ksi tau dunk cra kerjax,baik pmbuatan larutan stndarx[bila ada].pokoke smua-muax dh.PLEASEEEEEE

  60. setuju sama catur…jujur aja emang koordinasi lembaga teknis terkait dan antar instansi pusat dan daerah lemah, trus kontrol nya juga. Yang lebih susah lagi karena penyalahgunaan formalin ini terkait dengan masalah sosial yang tidak mudah diatasi. kabar buruknya, penyalahgunaaan pemakaian formalin ini lebih banyak dilakukan oleh industri kecil dibandingkan industri besar. BPOM, depkes, deptan, depkop dan ukm, dep klautan dan perikan dan instansi teknis terkait verifikasi donk ke lapangan…ga usah jauh-jauh ke glodok, ke sekolah2 aja dulu….

  61. aku mau yang sudah pasti mangandung pormali di hukum aja agar tidak mengulangi perbuatannya ok

  62. Formalin itu harusnya dibatasi penggunaannya.Jangan sembarangan!Sama aja kita membunuh

  63. temen2.ada yang punya gambar2 ato koleksi gambar mkanan yang diformalin gk?
    klo ada,tolong kirim ke Email ak ya,,,,di rr_chrysna@plasa.com
    plizzzzz,,,,
    thankz so much

  64. cape deh

  65. udah donk mikirin formalin,mikirin yang pasti2 j

  66. denger2 dr radio kemarin, produk selimut dari cina jg makai formalin… gmn tuh! formalin dah merajalela nich…!

  67. Formalin dalam ambang ppm di bawar kadar detok,, i think its okay,,,,,,,,, lgpl,,, tubuh kita ada netralisasi u formalin yg masuk ke tubuh,
    selanjutnua kita serahkan pada takdir,,,,,,,
    he he he

  68. kenapa yach setelah banyk keracunan formalin di indonesia baru diketahui? apakah BPOM kt selama ini tidur?

  69. tolong..tolong.. aing ngalebok formalin,,lamun aya jablay datang ka imah aing,,urang capcus..

  70. menurut aq formalin sangat berbahaya banget karena dapat merusak tubuh kita kasihan tubuh kita klu makanan yang kita makan itu mengandung formalin hati-hati y temen jgn sampe kita rugi banyak karena formalin jangan sekali-kali makan y mengandung formaln,boraks,dll entar kena sendiri akibatnya lho ini pesen dari aq bwt kalian-kalian smua pikirkan baik-baik y jgn mudah tertipu dengan makanan yang warnanya terlalu mencolok kaRENA BERBAHAYA OCEEEEEEEEEEEEE!!!!???

  71. ak mw tnya gmana sih caranya ngetes ad tdknya formalin dalam suatu makanan?
    ad yg blg pake fehling
    ad yg blg pk HCl
    kalo kit tester nya tu brp y kr2 harganya?

  72. nah… temen2 saya anak kimia nih mau ngasi tau klo identifikasinya mah gampang, d skala lab bisa pake larutan FEHLING dgn hasil endapan merah tembaga, tapi ga tau yach… cara yang paling sederhana untuk org awam….. ada yg punya ide??????

  73. tolong dong kasih tau FORMALIN itu apa? buat ngerjakan tugas…PUSING…!!!!!

  74. buat km yang mw awet sblm mat

  75. BPOMnya bknnya tdr coz………lg ngelindur

  76. formalin baek utk ksehatan bgi mreka yang sengaja memakainya hanya untuk keuntungn

  77. ada apa vina??????????????????????????????

  78. bwt ignasia,harga test kit nya du apotik sekitar 10ribuan per buah, tapi ada yang bilang harus beli 1 pak yang totalharganya 800 ribu.
    bwt smw ny
    terimakasih atas info formalinnya!!!

  79. iya,harus dibrantas makan yg mengandung formalin,,,agak tubuh kita tidak kena penyakit..

  80. formalin tuh bner2 nyusahin bgt. napa sih dah twu formalin tuh bahaya bgt tpi msih aj d pake mner2 gila tuh org

  81. kira- kira,gimana ya proses terjadinya kanker akibat formalin di tubuh manusia??
    dari sudut pandang onkologi.bisa bantu untuk cari tau??
    tolong bantuannya untuk teman-teman yang paham masalah ini.TOLONG YA

  82. sekarang mah… banyak formalin… tahu tuh… udah mati hatinya kali… formalin kan buat mayat… dia aja yang makan.. biar kena batunya..:-0

  83. kalo anda pengen tahu update informasi mengenai makanan, obat, dll… hubungi balai BPOM setempat wabilkhusus ke Unit Layanan dan Pengaduan Konsumen.

  84. Bingung neh, sepertinya tak ada lagi makanan sehat. Napa sepertinya pemerintah tidak ada tindakan tegas
    kepada pelaku pelaku bisnis curang ini? Kebayang nga sih, kita semua sengaja atau tidak menimbun formalin di dalam tubuh. Bagaimana LSM dan Layangan Pengaduan Konsumen dan BPPOM bekerja sihhh?

  85. Pemerintah kaga pernah becus ngurusin kasus formalin,boraks. Kaga sadar mereka juga diracunin. Kaga sadar umur mereka juga kaga lama. Harusnya marah donk. Karena keluarganya juga diracunin. Semua tersangka harusnya dihukum seberat beratnya biar pada takut tuh penjahat. Penjahatnya emangnya mikirin elo hidup apa kaga ? Yang penting boet mereka khan ” GW yang penting untung ” Jadi hukum itu harus ditegakkan.

  86. aloo….aq lg dpt tgs ni bt lpran krya ilmiah mengenai formalin dalam baso…oya bsa ga krmin lbh lngkap lg mengenai kandungn formalin dlm baso…krm ke almt email aq …ps.Desi@yahoo.com…..aq tnggu ya…makaski….

  87. ko masih ada aja yg tega pake formalin ke produk jualannya,

  88. Selama kampanye pemilu lalu, tidak ada partai yang berani menjanjikan akan menindak para pelaku penggunaan formalin pada makanan.
    Ini membuktikan para caleg/capres hanya ingin mengambil hati para rakyat kecil untuk suara mereka, bukan untuk sungguh-sungguh membangun bangsa yang cerdas dan kuat dan benar. Kita tahu rantai penjualan makanan berformalin itu sampai ke tingkat pedagang2. Buktinya kita lihat saja ke pasar tradisional penjual daging dan ikan. daging dan ikan mentah ditaruh di meja pajangan tanpa didinginkan, dan anehnya tidak ada lalat sama sekali ! hiiy

  89. terima ksih infonya sangat memmbantu dan memberikan pecerahan

  90. Wah Berguna Sekalin Infonya Thx for the info :)

  91. mengapa formalin bnyk di gunakan di segala makanan baik buatan maupun hasil laut ?
    jelaskan fungsi dan manfaatnya, serta kandungan nya?
    berguna kah bagi manusia yang masih dlm pertumbuhan?

  92. terima kasih atas infonya!

  93. mengapa formalin bnyk di gunakan di segala makanan baik buatan maupun hasil laut ?
    Formalin akan bereaksi dengan protein yang membuat struktur protein menjadi lebih keras sehingga sulit untuk diurai oleh mikrobiologi pembusuk. Formalin juga merupakan desinfektan yang bakal membunuh mikroorganisme pembususuk. SO… MAKANAN LEBIH TAHAN LAMA, meski salah, di indonesia dimana kebutuhan perut masih lebih penting dari kebutuhan kemanan pangan membuat masyarakat lebih memilih makanan dengan harga murah, walaupun..????

    jelaskan fungsi dan manfaatnya, serta kandungan nya? Kandungan formalin ya formaldehyde, senyawa gas yang berbau menyengat berwarna putih, MANFAAT UTAMA sebagai desinfektan, biasa utk mengawetkan mayat, banyak digunakan juga di industri kayu. Di luar negeri, pemakaian untuk industri kayu saja dilarang, karena penggunaan formalin pada industri kayu akan membahayakan pekerjanya, dalam bentukan gasnya akan sangat lebih berbahaya meski dalam konsentrasi kecil

    berguna kah bagi manusia yang masih dlm pertumbuhan? SANGAT TIDAK DISARANKAN UNTUK DIKONSUMSI, inilah perlunya kerja keras bersama untuk TIDAK MEMBELI PRODUK yang sudah ditengarai menggunakan formali, BIAR SI PEMBUATNYA BANGKRUT.

    Sekedar info tambahan, kami sudah membuat 4 jenis testkit senyawa berbahaya seperti test kit formalin, test kit boraks, test kit methanyl yellow (pewarna batik kuning), dan test kit rhodamin B (pewarna batik merah). info ke easy4test@yahoo.com

  94. makasih infonya teman… prihatin skarang banyak makanan yg dicampur formalin

  95. sebel banget ada aja orang2 yang suka merugikan orang laen. sekarang kalau makan aja mesti pinter dulu ya
    thq untuk infonya

  96. ada yg tau cara ngelaporin ga? nyokap suka beli ikan d pasar dkt rumah ,skr2 baunya agak menyegat kaya ada gas nya klo pas d makan … pengen laporin bpom or siapapun yg berwajib biar d selidikin.

    cari duid emang susah tapi bukan berati lo berhak nyusahin orang

  97. pemerintah lamban menangani peredaran formalin.

  98. PENGEN TAHU CARA DAFTAR TOGEL ONLIEN
    KUNJUNGI KAMI DI http://caradaftartogelonlien.blogspot.com/
    LENGKAP DENGAN ATURANYA

  99. mohon petunjuk,kalau sudah termakan makanan yang berformalin,bagaimana terutama mengatasinya.lambung saya sangat sentytiv terhadap formalin,kalau sudah termakan yang mengandungnya,saya sudah tahu.pertanyaan bgaimana mengatasi langsung pertamanya?mohon bantuan.saya sakit asam lambung sudah 5 thn,formalin paling menyakit saya.hormat dari JEFFERSON,MEDAN,SUMUT,INDONESIA.TRIMS.

  100. Ow, ternyata ini ya ciri2nya. infonya bagus

  101. Info tambahan :
    - Formalin Pada Ikan (Ikan berformalin dan tidak berformalin)
    - Ciri – Ciri Ikan Berformalin

    http://pobersonaibaho.wordpress.com/2011/05/30/formalin-pada-ikan-ikan-berformalin-dan-tidak-berformalin-ciri-ciri-ikan-berformalin/

  102. kata kawanku ciri-ciri bakso yg berboraks = kalau dijatuhin baksonya membal apakah itu benar

  103. Sekarang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, formalin digunakan untuk beberapa makanan yang dijual dalam beberapa hari, bahkan sampai beberapa bulan. Seperti halnya kasus yang terjadi dan yang lagi marak hari ini adalah kasus Tahu formalin yang diedarkan di beberapa daerah dan siap jual di pasaran. seharusnya pemerintah menindak hal ini….

  104. Siapa sih yg mencipta/penemu formalin,???

  105. APAAN GK ONOK TGAS.E

  106. waw bagus tapi mana boraknya dan harus di jelaskan

  107. trims postingnya penting nambah informasi

  108. memang kita harus pintar dalam memilih makanan yang telah diawetkan olehformalin karena formalin sangat berbahaya bagi tubuh kita,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: