Simpang Siur Informasi Transgenik – Nutrilon Soya

Sebuah SMS masuk ke hp istri saya : “lihat SCTV, ada info Nutrilon Soya (NS) itu ada unsur transgenik, jangan dimakan”. Info ini cukup mengagetkan. Apalagi memang si kecil diberi susu (kedelai) itu, karena tampaknya ada alergi dengan susu biasa.
Untuk sementara penggunaan susu itu distop.

Saya tidak memiliki kemampuan untuk menilai langsung bahaya atau tidaknya produk2 transgenik.
Silahkan saja rekan2 yang memiliki bidang ini membuat blognya saja.
Tapi saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya mencari tahu apakah produk NS ini mempergunakan bahan yang transgenik.

Telepon ke careline Nutricia di 0-800-1821059, hanya tersedia hari dan jam kerja saja :( .

Googling, akhirnya menemukan postingan Heboh Produk Pangan Rekayasa Genetik (PRG) dari blognya Kang Bambang.

Sayang, waktu dicoba, ternyata link ke sanggahan nutricia error.

Saya coba lagi telepon ke carelinenya. Tapi sewaktu ditanya tentang pernyataan resmi, operator malah selalu merujuk ke situs liputan6.com.
Aneh, kok merujuk ke situs lain.
Waktu ditanya kontak person PR-nya, malah dianjurkan untuk email ke situs Amerika-nya.
Kalau manajemen Nutria baca, tolong dong operaor tersebut diberi pengetahuan yang lengkap. Jangan hanya memprioritaskan koleksi data penelepon saja.

Lihat situs www.ylki.or.id, tampaknya sedang di-redesign (pakai jomlaa). Tidak ada informasi jelas (khususnya soal NS ini). Yang ada hanya Press Release, bertanggalkan Kamis, 20 Juli 2006 dengan judul “MENGGUGAT PEREDARAN PANGAN TRANSGENIK; SELAMATKAN HAK MASYARAKAT ATAS KEAMANAN & KEDAULATAN PANGAN”

Kesimpulan yang diambil (silahkan koreksi, jika saya salah) :

A. YLKI mengadakan 2 kali uji coba :
Ke 1 : Belanja produk tanggal 18 Oktober 2005, pengujian dilakukan bekerjasama dengan PT. Saraswati Indogenetech pada bulan November – Desember 2005. Pengujian dilakukan secara kualitatif dengan metode PCR (Polimerase Chain Reaction), dengan batas deteksi 0,05%. Hasil uji menunjukkan bahwa 3 dari 11 sampel yang diuji (27%) terdeteksi mengandung rekayasa genetik Mister Potato, Pringles, Honig Maizena

Ke 2 : Waktu pengambilan sampel – pengujian – hingga kontak produsen : September – Desember 2002.
Pengujian dilakukan secara kualitatif dengan metode PCR (Polimerase Chain Reaction), dengan batas deteksi 0,05%.
Hasil Uji : 10 dari 18 pangan turunan kedelai (55,56%) positif mengandung rekayasa genetika (terdiri dari tahu, tempe dan susu kedelai) dan 1 dari 7 pangan turunan jagung (14,29%) positif mengandung rekayasa genetika. Produk turunan jagung yang positif adalah: corn flakes Carrefour.

Tampaknya dari 11 ini termasuk NS (?)

2. Ada jumpa pers dari YLKI (20/7/2006) soal hal ini.

3. Berangkat dari jumpa pers, SCTV melakukan uji coba : baru-baru ini, SCTV melakukan pengujian pada beberapa produk. Ternyata, tiga dari empat produk yang diuji tersebut positif mengandung produk transgenik. Antara lain susu formula Nutrilon Soya produksi Nutricia dan tahu Kong Kee dari Kong Kee Food.

4. SCTV melaporkannya “Bahaya [Tidak] Unsur Transgenik” pada segmen sigi.

5. Ada bantahan dari nutricia ke liputan 6 (dengan tambahan “tidak mau diwawancarai”)

6. Ada Pernyataan Resmi dari Nutricia disitus mereka (August, 2006).
Entah kapan dimuatnya.

Dengan ini secara resmi kami ingin mengklarifikasikan kebijaksanaan dari perusahaan kami bahwa : bahan dasar yang berasal dari rekayasa genetik tidak dipakai dan tidak akan dipakai oleh semua produk yang diproduksi oleh Nutricia, termasuk pada Nutrilon Soya.

Perusahaan kami memiliki kontrak dengan para supplier yang memiliki dokumentasi lengkap, yang memastikan bahwa mereka telah memenuhi persyaratan hukum mengenai penelusuran (traceability), termasuk jaminan sertifikat bebas rekayasa genetika.

7. Badan POM akan segera menguji juga temuan YLKI itu.

Aghhhhh, sampai kapan konsumen jadi bulanan2 simpang siur begini ?

Saran :
1. Pihak nutricia seharusnya mau berkomunikasi (dan aktif) dalam hal ini.
Misalnya jelaskan kenapa tahun 2002 bisa terdeteksi. Lalu mengapa hasil ujicoba SCTV bisa terdeteksi lagi.
Apakah tidak mungkin ada kekeliruan walau ada jaminan tidak ada unsur transgenik dari pada vendor?
Jika Nutricia tidak mau aktif “berkomunikasi” lebih lanjut, maka bisa dibilang, saya menyesal menjadi konsumen mereka.

2. Semua pihak (YLKI, Produsen, Badan POM dan media) perlu duduk sama2, juga bersama2 melakukan uji coba ulang (yang disetuji bersama) untuk pembuktian. Jika perlu jadikan saja sebuah acara realiti show. Jadi terlihat oleh rakyat, bagaimana menyelesaikan kesimpang-siuran ini.
Ada 5 tahap, dimana masing2 perlu 4 – 5 jam. Soal biaya, ya saweran lah. Kan “cuma” 1 atau 2 juta.
Jadi masyarakat tidak terus menerus dibingungkan.

Lepas dari kontraversi aman atau tidaknya, saya setuju dengan perlunya pelabelan, sehingga memberikan pilihan kepada konsumen untuk mengkonsumsi makan yang menandung unsur transgenik atau tidak.

Mari kita lihat, apakah simpang siur ini makin berkembang (seperti biasa) atau bisa distop karena dikategorikan hoax, ada intrik2, atau menghilang dengan sendirinya tanpa kejelasan (seperti biasanya juga).



About these ads

41 Responses

  1. hhhmmm…. bingung….. efeknya apa sih…. dulu si Sulung juga alergi susu bubuk hewani jadi kalo tidak salah mengkonsumsi ini juga… cuma lupa euy mereknya….. yang pasti sih Soya (kedelai) juga….. :(

  2. Kalau kedelainya hasil impor dari USA, hampir bisa dipastikan dari pertanian transgenik. Padahal mayoritas kedelai kita memang impor dari USA. Bahkan yang dibuat tempe dan tahupun asalnya dari USA.
    Tapi banyak juga yang bilang, bahwa transgenik sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kesehatan. Hanya saja, bila kita menggunakan teknologi transgenik, hasil pertanian akan meningkat pesat sehingga mengancam “kedaulatan” petani yang tidak memiliki teknolohi transgenik. Yang jelas, masih lebih bahaya formalin walaupun tujuannya sama2 ambil untung sebanyak-banyaknya.

  3. wah segitu bahayanya yang namanya trangenik

  4. Halo,
    Para pakar ataupun yang paham bisakah memberikan penjelasan ataupun uraian, apakah sebenarnya bahya dari mengkonsumsi produk-produk transgenik? (kedelai, jagung, etc.)
    Thanx
    I. B. Arka

  5. untung nya shiva gak suka susu formula merek apa aja, dia paling doyan dengan yang namanya kerupuk selain asi :D

  6. ayao om, saya tidak berpromosi apa² di internet, blog hanyalah sebuah catatan saja..
    saya memang bekerja di bidang internet.
    btw, blognya bagus yaa :)

  7. Tanggapan Nutricia Soal Unsur Transgenik

    Berikut ini adalah tanggapan nutricia tentang Nutrilon Soya yang dikabarkan mengandung unsur trangsgenik.
    Silahkan email mereka di presidentdirector@nutricia.com atau careline@nutricia.com atau via websitenya untuk info lebih lanjut.
    Tapi (menurut s…

  8. baby saya juga pake Ns.saya pernah baca di sebuah buku keluaran kedokteran harvard kalo bayinya terlalu lama minum soya,besarnya besok ada kemungkinan gangguan menstruasi(waktu menstruasinya lebih lama dari ukuran normal)

  9. anak saya pakai NS. kata dokter, dia harus minum NS itu ampe usia 5 tahun.ada ganguan pencernaan krn salah minum susu ( DAncow ).
    saya jg bingung nih…NS ada kandungan usur transgenik. bahaya gak ya?

  10. karena ketidakpastain tentang resiko yang disebabkan oleh transgenik lebih baik kita “say no untuk transgenik” bahkan sudah banyak negara yang sudah melarang beredarnya pangan rekayasa genetika ini. efek pada kesehatan bisa menimbulkan alergi penurunan gizi, anti pada antibiotik.

    Sebuah penelitian di jerman menunjukkan bahwa kedelai Rounduo Ready produksi Monsanto (perusahaan pengahsil transgenik dari amerika ) menghasilkan lebih banyak hormon firestrogen daripada tanaman biasa. Hormon ini adalah versi nabati dari hormone estrogen hewan yang berperan dalam diferensiasi jenis kelamin, metabolisme kalsium, system kekebalan, produksi aknker dan penggumpalan darah.

    Gen-gen baru yang disisipkan ke dalam tanaman bisa saja memproduksi protein yang memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Alergi yang umum biasanya alergi terhadap kacang-kacangan, susu, telur, ikan, kedelai dan serealia. Sayur dan buah-buahan juga dapat memicu reaksi alergi seperti bintik-bintik merah pada kulit atau asma pada sebagian orang.

    Lembaga Standardisasi Pangan Inggris untuk pertama kalinya melakukan penelitian dengan menggunakan sukarelawan manusia. Hasilnya diungkapkan pada Juli 2002 membutikan bahwa DNA hasil reayasa genetik dapat berpindah ke bakteri yang ada dalam usus manusia. Hal ini dapat mengakibatkan resistensi manusia terhadap antibiotik yang biasa digunakan.

    (dari berbagai sumber). klo ada yang bisa kasih info lebih banyak tolong email saya… buat bahan tugas akhir

  11. waduh bagaimana ini, aku sudah terlanjur beli soya agak banyak nih…tapi menurut dokter anakku. katanya NS bukan susu no. 2. …
    nutricia gimana tanggapanmu?

  12. bener ga ya NS gak bisa bikin babyku jd pinter,soalnya ga ada AA DHA nya,babyku ud agak lama konsumsi NS 3-so aku jdi khawatir ni,gimana dong NUTRICIA ???

  13. alhamdulliah babyku pake isomil, yang sudah terlanjur pake NS dari pada pusing2 mending berhenti n pindah ke susu soya merk lain.

  14. aduh beritanya serem banget sih,soalnya babyku slama ini ya minum NS, jd kepastiannya bagaimana ya..tolong deh kepada careline nutricia untuk lbh concern lg membaca ini, krn ternyata sdh banyak baby yg mengkonsumsi susu ini, tolonglah kita sama2 menjaga, jgn sampai generasi bangsa kita yg akan dtg lbh anjlok, blh cari untung tp jgn merugikan byk org,krn yg namanya susu n produk makanan apapun untuk konsumsi baby kita tdk boleh main2 or coba2,krn menyangkut nyawa
    tks buat tmn2 yg sdh mau berbagi info

  15. kayaknya, makin ambruk banget nih dunia. mo cari yang aman di jaman skarang ini susah banget ya…tolong dong, kejelasan atas permasalahan ini bagi yang bersangkutan. tentunya perusahaan2 yang produsen utamanya mengandung Soya ga mau rugikan…makanya kasih dong solusinya………dan tolong para pakar yang mampu menangani hal ini, buru-buru diberesinlah…kasian masyarakat kita…dikadalin terus….
    thanks.

  16. Ba9i kMu2 yG suKa Bgt sM SOYA….. leBih Baik DkuRaNgi N di HiNaRi dR diNi….. KrN SnGt B’bAhAya dR p”KiRaAn sBlmNya… Ga CuMa U/ BaYi Aj… KauM CeWe yg MengiRa Soya Itu Baik N Sehat TnyaTa BBrP THn kEDepaN Baru KeTahuAn EfEk Dr MKoNSuMsi MakAnaN tSb….

  17. whey protein dalam susu bebelac sumbernya dari mana? Adakah dari sumber yang tidak halal contohnya dari khinzir?

  18. Duhh…bagaimana ya…adik gw mnm tu susu.Truz katanya kalo bahan transgenik masuk ke tubuh manusia bisa menyebabkan kanker. Emang putusan dari balai pom udah keluar?

  19. waduh gimana doooong anakku khan baru kenal susu formula kususnya NS, tp kok beritanya udah bikin parno aja. gimana nutricia aq pikir merk udah bikin jaminan produk tp ternyata??????????

  20. well… susu yang baik yang mana ya…selain ASI????

  21. Wah kalo NS bahaya buat kesehatan trus gimana dengan anak2 yang alergi? Anak saya 2 dan semua konsumsi NS, kalo pindah ke merk lain, gimana cara bisa nge-check safe or not?Puzink ya? Nutricia, answer please

  22. Hi, hanya ingin berbagi, tahun ini ada kabar baru yang menggemparkan, yaitu penambahan melamine (zat kimia) pada fertilizer dan makanan ternak. dan di Channel news asia, tgl 3 dec 2008 memberitakan penemuan negara eropa terhadap zat melamine pada kedelai!! Sungguh mengejutkan, dan bayi saya minum susu soya karena alergen terhadap susu formula. Sungguh menakutkan.

  23. Saya lupa menambahkan, soy bean yang dimaksud berasal dari China.

  24. wah.cari yang sehat2 sekarang susah ya,mau minum susu yang bagus apa ya,mau makan sayur atau buah yang bagus apa ya?sudah banyak kan berita2 di tv.semangka yang dikasih pewarna,durian yang disuntik pemanis.susu yang mengandung melamine..sayuran dikasih pestisida supaya bagus.kalau cari yg organik agak sulit dan yang pasti untuk kalangan menegah kebawah beli yg organik mana tahaaaaaaaaan….capeeee deh

  25. iy sehat sangat penting
    nice

  26. benarkah begitu ???tolong kasih jwb dong

  27. mau tahu lebih masalah Nutricia, baca selengkapnya di sini
    http://www.uneg2konsumen.wordpress.com

  28. Lalu bagaimana?
    Jadi bingung?
    Tolong yang punya jawaban, informasi … toong di infokan ke saya via :
    abc.winfo@yahoo.co.id

  29. wah… saya baru baca infonya neh… padahal sudah 3 bulan saya dan teman-teman mengkonsumsi susu ini untuk anak-anaknya yang kebetulan alergi susu sapi, itu juga atas saran dokter anak. Mungkin lebih baik saya dan teman-teman pindah aja ke susu sapi aja… bagusnya sih ASI ya…

  30. hmmm..info yg sangat menarik..siip
    (http://tric06.student.ipb.ac.id/)

  31. Wah, kaget baca artikelny. Pdhl anakku br hr ini konsumsi NS. Sbnrny seberapa bahaya siy susu kedelai?

  32. ngak tahu juga kalau soya ada bahaya ….. tolong bagi yang tahu jelasin sejelas jelas nya….. dan kalau produk soya berbahaya kenapa masih bebas dijual dipasaran…. terus terang .. pengganti asi.. saya berikan anak saya dengan minuman soya……..saya juga ngak mencatat dengan pasti… pengaruhnya…. emang ia… anak saya minum soya sejak usia 4 bulan dan sekarang sudah setahun hanya baru pandai melangkah… satu atau 2 langkah…..saya pikir ini adalah hal biasa… tapi membaca tautan ini saya jadi kaget dan saya bandingkan anak tetangga…. usia 9 bulan sudah pandai berdiri…

  33. mampir mas mbak DI SINI,insya Allah gak bakalan rugi.. :)

  34. wahhh…. bahaya, mesti dipertanyakan itu…

  35. Di samping pertanyaan transgenik, ada satu masalah besar dengan menggunakan kedelai. Kedelai mempunyai sejumlah antinutrisi, zat yang merusak penyerapan vitamin dan mineral. Ini juga benar untuk susu kedelai yang sering diproduksi di kampung. Ini pernah dipelajari dan dijelaskan oleh Mary Enig dalam artikel Soy Ploy (Google), dalam bahasa Inggeris. Saya ada terjemahan ke bahasa Indonesia.

    Satu masalah lain adalah peraturan BPOM bahwa hanya perlu sebutkan MINYAK NABATI dalam komposisi makanan, padahal ada minyak nabati yang tidak baik, seperti soy, corn, canola, cottonseed, safflower. Pada umumnya minyal dari biji kecil tidak baik, Paling baik minyak kelapa dan sawit. Lagi Google dengan nama Mary Enig, ahli minyal dan nutrisi dari USA yang berani menyerang industri margarine dan minyak biji-bijian. Saya ada cukup banyak info dari Dr Enig.

  36. For all mom’s….maaf nih sya mw tanya apa smpai skrg msih blum ad kejelasan dri club nutricia mengenai hal transgenetik sufor NS atau sudah ada yg tau info lanjutnya ? Tolong share lgi yah buat yg udh tw,krna brusan sya call club nutricia dan menanyakan hal yg sma dan sya mndptkan jwban yg ckup mmbwd sya tnang krna infox sufor NS sdh dinyatakan aman utk dkonsumsi dan aman oleh BPOM,nmun wlw dmkian sya ingin lbih bnyak mncri thu lagi bgmn dgn kbnran brta ini. Sya tunggu infox yah. Bunda Felin.

  37. NS 2013 gmn aman ga nih anak sy kunsumsi NS tahap 3 nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: