Memperpanjang passport di ULP Bandung

Teringat passport yang sudah habis masa berlaku (lewat 3 bulan),
maka disempatkan untuk memperpanjangnya.
Btw, bisanya minimal masa berlaku pasport kita adalah sisa 6 bulan.
Kalau kurang, bisa2 ditolak berkunjung dinegara tujuan.

Kali ini mencoba untuk memperpanjang sendiri di ULP (Unit Layanan Paspor) Bandung.
Walau bukan online, bisa daftar dan proses sampai difoto dalam 1 hari.

GEDUNG BINACITRA KHARISMA LT.3
Jl. Soekarno Hatta No.162, Bandung, Jawa Barat
Telp.(022)-5406686

Kalau yang tidak tahu, gedung ini ditengah2 antara Moh. Toha dan Leuwi panjang.
Sejajar dengan rumah makan Amprea (kalau penduduk Bandung gak tahu, tengteuingeun deh …)

Informasi pelayanan ULP

Waktu Pelayanan ULP

Datang 07.30, sudah banyak ngantri. Dapat nomor antrian diatas 50.
Konon yang antri sudah dari dari 06.30 (jadi sepagi mungkin kalau datang kesini ya).

Informasi antrian

Untuk progress antrian, bisa dilihat dihalaman berikut.
Saya amati, hampir real time updatenya.

Pas mau nomor antrian, eh, terpotong waktu istirahat. Ya sudah bersabar ria.

Akhirnya, setelah selesai istirahat, dipanggil juga.
Lalu ditanya-tanya, verifikasi data2. Akhirnya difoto juga.

Kemudian membayar di loket bank di lt. 1. Dan tinggal datang lagi 3 hari kemudian untuk ambil passportnya.

Perlu deh memberikan pujian untuk layanan ini.
Dibandingkan dengan yang di Jl. Suci beberapa tahun yang lalu.

Komentar :
Ruangan lega, tempat duduk nyaman, dingin (karena AC central, tidak bisa diturunkan setempat)
Tersedia juga AMK dan permen (walau terbatas).
Juga terlihat ada beberapa PC, untuk akses internet mungkin.

Catatan :
Pastikan persyaratan sudah lengkap
Pastikan pengisian data sudah benar dan lengkap
Bawa juga bolpoin, walau disana disediakan meja & bolpoin untuk mengisi formulirnya
Saat ini belum bisa membuat e-passport (di Jl. Suci juga tidak bisa)
Untuk syarat2 bisa dilihat
di situs imigrasi ini
bagian persyaratan.

Semoga bisa membantu untuk yang akan membuat/memperpanjang passport.

Hujan Es Besar @ Bandung

Sekitar jam setengah dua siang, tadinya siap2 untuk berangkat. Suhu terasa panas, tampaknya hari akan hujan.
Tapi dalam sekejab semua berubah.
Hujan turun dengan deras. Diiringi dengan angin yang cukup besar.

Lalu mula2 terdengar suara seperti barang jatuh. Dicari2 tidak ada. Ternyata ada es kecil2, yang ikut turun.
Ah, biasa saja ini sih. Sering juga beberapa kali hujan disertai es batu kecil2.
Tapi kok ini banyak sekali ya,

Tapi tak beberapa lama, suara es yang turun makin membesar.
Rupanya ukuran dan jumlah es yang jatuh ikut bertambah.
Tampak fiber penutup pagar ada yang rusak. Demikian juga, daun2 kuping gajah ikut rusak, membuatnya berlubang dibeberapa tempat.

Seumur hidup, baru kali ini mengalami hujan es sebesar ini.
Orang2 lainpun berkomentar sama, baru kali ini terjadi hujan es sehebat ini.
Bahkan saking banyaknya, seorang kawan berhasil mengumpulkan sebanyak 1 baskom besar es batu tersebut.
Jadi inget orang Jepang yang terkena jatuhan balok es di film The Day After Tomorrow (2004).

Setelah hujan reda, ternyata hujan es ini tidak merata.
Karena didaerah Antapani (Bandung Timur), malah tidak hujan.
Dan setelah hujan es, di deerah Bojongsoang (Bandung Selatan), baru hujan, itupun hanya hujan angin.
Banyak juga yang melaporkan kerusakan yang terjadi. Ini dikarenakan ukuran dan laju jatuhnya batu es tersebut.
Fiber2 yang berlubang. Daun2 yang berguguran, juga ranting yang patah.
Bahkan banyak pengendara yang memilih untuk berteduh.

Berikut beberapa dokumentasi dari hujan es batu tersebut gambar2.

Batu es yang banyak berjatuhan, mengingatkan pada salju, karena banyaknya.
0002.jpg
(Perhatikan juga fiber yang berlubang dipojok kanan atas)

Bongkahan es, dari jarak dekat.
0003.jpg

Berikut adalah gambar perbandingan antara batu es dibandingkan dengan botol aqua.
0004.jpg

Yang hebat juga, sekumpulan batu es tersebut, ada yang baru mencair total, sekitar jam 8 malam.

Rekan Aa Noto juga melaporkan pengalamannya.

Barangkali ada yang punya link tentang informasi mengapa itu bisa terjadi?
Apakah ini membuktikan kebenaran adanya bahaya pemanasan global yang sering didengung2kan itu?

Kalau ada punya informasi, mohon infokan dikomentar dibawah ini ya….

3G @ wordpress.com

3G disini bukan soal Kecepatan koneksi, yang sedang booming di Indonesia.

Tapi adalah besar ukuran tempat.

WordPress.com sekarang memberikan tempat penyimpanan gratis sebesar 3Giga untuk menyimpan blog kita.

Ini berarti 60x lipat dari kapasitas standar sebelumnya (50mb).

Terima kasih WordPress.com :)

Sumber : postingan Thomas (orangescale.net)

Bongkar Hotel dengan Dana APBD 1.5 M

Mana yang lebih baik dengan uang 1.5M?
Dipakai menghancurkan sesuatu? Atau membangun sesuatu yang berguna?

Baca berita dibawah ini, jadi inget pernah posting @ November 2005. Ternyata sudah hampir 2 tahun “peristiwa” ini masih gak beres2 juga.

Lumayan sih, nilainya sudah turun Setengah Milyar………
Tapi seperti tulisan yang lalu, mending dipakai buat hal-hal yang lebih bermanfaat daripada hanya untuk “bongkar2″. Kenapa tidak menghukum yang salah saja (gak tahu siapa yang salah juga ding. Pemilik, pemberi ijin, pengawas gah gak beres2 deh).

Apa tidak ingat, masih banyak misalnya sekolah2 yang rusak? Atau hal-hal lain yang berguna? Googling saja deh dengan keyword “data sekolah rusak bandung”.


(Sumber foto : PR)

Pemkot Bandung berencana mengeluarkan dana pembongkaran lantai 5-6 Hotel Vue Palace (HVP) sebesar Rp 1,5 miliar. Dana itu berasal dari APBD Kota Bandung 2008. Wali Kota Bandung Dada Rosada menyatakan itu dalam Sosialisasi Sertifikasi Badan Usaha 2008 di Hotel Panghegar, Jln. Merdeka, Bandung, Kamis (17/1).

“Pembongkaran lantai 5-6 Hotel Vue Palace sudah keputusan final. Sampai di depan notaris, direksi tidak ada iktikad baik, pemkot akan membongkar sendiri lantai yang melanggar izin tersebut,” ujar Wali Kota. …

Sumber : Pikiran Rakyat

NB : Tidak ada hubungan apapun dengan hotel tersebut. Hanya seorang yang prihatin buang2 uang 1.5M untuk bongkar2. Mending bangun yang berguna.

Lowongan Kerja Yang Membuat Sengsara

Membaca surat pembaca di Pikiran Rakyat (15/01) yang lalu, membuat hati miris.

Dijaman susah begini, apa tidak kasihan mencari uang dengan cara licik, memberi iming2 lowongan pekerjaan dengan keharusan membeli paket untuk jadi karyawan?

Modus yang dipakai adalah :
“Pada hari kedua saya mulai tahu apa, bagaimana sistem kerja perusahaan ini. Jadi, kerjanya kita harus menyebarkan brosur tentang lowongan kerja. Haah! Apa bedanya ini dengan sales. Jikalau kita mendatangkan pelamar dan bersedia membeli nomor seleksi dan paket, barulah kita dapat bagian atau keuntungan dari satu pelamar Rp 7.500,00 dari nomor seleksi (Rp. 15.000) dan Rp 75.000,00 dari penjualan paket (Rp. 250.000-350.000).

Inilah ceritanya penghasilan seorang karyawan staf kantor. Kalau seandainya kita tidak berhasil mendatangkan pelamar, maka sayang sekali, kita tidak akan dapat apa-apa!”

(dalam kurung ditambahkan, ada disurat tersebut)

Dulu pernah sewaktu naik motor, menunggu lampu hijau, diberi selebaran lowongan kerja yang dibagi2kan kepada semua pengendara motor. Sudah sempat curiga. Cuma lupa mau posting. Selebarannya keburu kecuci kayaknya :(

Di jaman susah ini, bukannya bantu orang lain, malah ngambil keuntungan dari kesusahan orang lain.

Kira2 siapa ya “berwenang” dan “berkewajiban” untuk membantu menghentikan hal ini?
Jika Anda termasuk, tolong segera tindak lanjuti perusahaan ini.

Kira2 bisa tidak “para korban” mendapatkan kembali uang (mungkin pinjaman) mereka ya?

Btw, untuk pencari kerja, hindari perusahaan ini :
PT NEJ (Nisma Exist Jaya) yang berlokasi di Kopo Mas Regency Blok 9V Bandung. (kalau ada yang sejenis, silahkan posting disini)

Jadi inget maxgain. Eh, ternyata sampai Januari ini mereka masih belum diproses (masih bebas beroperasi mengaku2 perusahaan lain mencari calon karyawan) juga ya?

Tiap Hari Ada Sidang Narkoba

Sedih juga melihat judul berita diatas.

“… Berdasarkan data dari Panitera Muda (Panmud) Pidana PN Bandung, Dody Hermayadi, S.H., kasus narkoba dan psikotropika tahun 2007 sebanyak 455 perkara. Sedangkan tahun sebelumnya, hanya 324 perkara.. …”.

Semoga para orang tua (dan masyarakat umum juga) dapat turut membantu mengurangi kejadian tersebut. Sehingga tahun ini jumlah kasus di kota tercinta mengecil.

Sumber : Pikiran Rakyat 3 Januari.

Snow @ WordPress.com

It’s better late than never.

I followed one link from my wordpress.com’s dashboard.
And now my blog has the animated falling snow (actually, because the background is white, it not seen clearly. But you can check on the header).

Thanks for Matt and the wordpress crew.

Btw, if you jelaousy, you can grab the javascript (from Scott Schiller) and install for your sites.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers