“Pengumuman” Kenaikan BBM

Saya tidak ingin memperpanjang polemik atas kenaikan BBM. Biarlah Priyadi dan rekan-rekan lain yang mengulasnya. Tapi yang ingin saya komentarkan adalah caranya mengumumkan kenaikan tersebut.

Saya sendiri menonton pengumuman tersebut melalui TV. Jumat malam/Sabtu Pagi, karena masih lelah, namun belum dapat tidur. Beberapa yang ingin saya komentari :

  • Tidak semua stasiun TV (selanjutnya disebut TV saja) menayangkan siaran langsung ini. Bahkan ada satu saluran yang pada saat bersamaan membahas “masalah 17tahun ke atas”.
  • Pada saat pengumuman, tidak diteruskan dengan acara tanya jawab. Umumnya Stasiun TV memotong acara itu, dan hanya memfokuskan pada besaran kenaikan BBM.

Saya sadar, sekarang era keterbukaan dan tidak ada pengwajiban (moga2 polisi EYD tidak marah dengan gaya penulisan saya ini) Stasiun2 TV untuk meliput acara khusus seperti itu. Tapi rasanya untuk pengumuman seperti ini semua saluran TV punya kewajiban moral untuk menyiarkan informasi yang menyangkut rakyat banyak ini. Dan sebaiknya dilakukan penuh, sampai selesai. Jadi informasinya secara lengkap juga dapat diketahui oleh (seluruh) Masyarakat.

  • Stasiun2 TV tampaknya tidak mendapatkan informasi kepastian kapan pengumuman itu akan dilakukan. Hal ini terlihat dari terhentikan secara tiba-tiba acara ditengah jalan dan kemudian dilanjutkan setelahnya.

Satu lagi yang menarik perhatian saya ialah tampaknya putusan tersebut diumumkan secara tergesa-gesa (bukan putusannya, tapi pengumumannya). Entah karena kabar tertundanya akibat adanya dialog mahasiswa dengan Presiden (kebetulan saat itu saya tidak mengikuti secara seksama).

Yang pasti ketergesa-gesaan itu juga nampak dari lalu-lalang dan bercakap-cakapnya orang-orang yang sedang duduk dibelakang Mentri yang sedang membacakan pengumuman itu. Apalagi membawakan (beberapa) lembar kertas. Dan itu semua TERLIHAT melalui layar kaca yang ditonton oleh (mungkin) semua penonton TV di Indonesia.

Ayo dong, Pemerintah, masa begitu caranya ?

Leave a Reply

