Layanan Informasi via SMS dari PT Kereta Api.

Kereta api masih merupakan salah satu media transportasi yang masih terjangkau oleh banyak masyarakat indonesia. Menjelang lebaran, banyak yang membutuhkan sarana ini untuk pulang kampung. Daripada rencana mudik gagal, ada baiknya untuk memesan terlebih dahulu tiket KA.

Dari Detikinet, dilaporkan bahwa PT KA meyediakan layanan sms untuk mengecek beberapa informasi.

Pertanyaannya : Apakah efektif ? Bukankah tanpa pemesanan via sms akan mubazir ? Begitu sampai stasiun, harus antri panjang, sudah habis terjual. Lebih sebal, ditawari calo lagi.
Atau peluang mencari pemasukan ?🙂

Layanan tersebut digelar dengan kerjasama PT KA dan PT Bitnet Komunikasindo (Bos.com). Untuk saat ini layanan hanya bisa diakses oleh pelanggan Telkomsel (ke nomor 6789), serta Indosat dan Telkom Flexi (ke nomor 2699).

Layanan itu dikenakan tarif premium Rp 1.500 per SMS.

Untuk informasi keberangkatan KA, calon penumpang bisa menulis dengan format ‘KA [spasi] Stasiun Asal [spasi] Stasiun Tujuan’, untuk kedatangan ‘KA [spasi] JADWAL [spasi] Nama Kereta [spasi] Stasiun Asal [spasi] Stasiun Tujuan’.

Sedangkan untuk harga tiket bisa digunakan format ‘KA [spasi] HARGA [spasi] Stasiun Asal [spasi] Stasiun Tujuan [spasi] Tanggal Bulan’ dan untuk informasi sisa tempat duduk gunakan ‘KA [spasi] SisaTD [spasi] Stasiun Asal [spasi] Stasiun Tujuan [spasi] Tanggal Bulan’.

“Jadi pengguna kereta api kini dengan nyaman dapat mendapatkan informasi di atas secara cepat,” Rachmadi menambahkan. Selain itu info yang sama juga bisa dilihat di situs http://www.infoka.kereta-api.com atau diakses lewat telepon ke (021) 390 3939.

Layanan tersebut saat ini, menurut Rachmadi, sudah bisa diakses.

Sewaktu iseng mencoba melihat situs http://www.infoka.kereta-api.com/, ternyata tidak diketemukan informasi sisa tempat duduk. Informasi terperinci hanya jam dan kota-kota yang dilewati. Misalnya Argo Wilis Bandung Madiun. Ataukah linknya terlewat?

Update dari idban : ternyata linknya ada di : http://ticketing.kereta-api.com/

4 Responses

  1. disini http://ticketing.kereta-api.com/ tempatnya dari halaman depan ada koq linknya

  2. idban : wah, saya carinya di http://www.infoka.kereta-api.com/.
    Gak di halaman utamanya. Thx ya !

  3. thanks atas informasinya.

  4. Nice info Bro!
    Berharap para elit punya pemikiran untuk memperbaiki sistem transportasi masal kita, dan tak terus menyerahkan kebutuhan hidup rakyat ke otoritas swasta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: