2 Milyar dari APBD 2006 Bandung untuk pembongkaran Hotel Planet ?

Tadi pagi sempat membaca berita dari Pikiran Rakyat tentang Dana Bongkar Hotel Planet Dialokasikan Rp 2 Miliar.

Pemerintah Kota Bandung akan mempersiapkan pos khusus dalam APBD 2006 untuk pengalokasian dana pembongkaran Hotel Planet sebesar Rp 2 miliar. Selain dari APBD, sejumlah masyarakat juga menyatakan siap memberikan donasi.

Ditanya sejauh mana konsultasi dengan dewan perihal pengalokasian anggaran tersebut, menurutnya, pada prinsipnya dewan akan menyetujui. “Dewan setuju asalkan saya mengajukan. Yang penting kan bagaimana uang itu digunakan, tidak dikorupsi, rakyat setuju, dewan setuju,” katanya.

Sedangkan besaran biaya yang diperlukan, Dada menyebut angka Rp 2 miliar. Perhitungannya didasarkan pada luas bangunan yakni 2.000 m2 dikalikan biaya Rp 1 juta/m2.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bandung Husni Muttaqin mengatakan, jika kasus Hotel Planet berujung kepada pembongkaran dengan didanai pemerintah kota, hal itu harus dibahas dalam Panitia Anggaran. Hal itu diperlukan karena kemungkinan perlunya mengalihkan mata anggaran tertentu seperti pembangunan fisik untuk biaya pembongkaran.

Lepas dari kontraversi tentang Hotel Planet, apa tidak sayang uang 2M itu digunakan untuk membongkar (kasarnya menghancurkan?).

DUA M I L I A R…..

Haruskah dialokasikan dari kebutuhan lain ? Bayangkan kalau yang dialihkanitu misalnya membantu pembangunan sekolah2 yang membutuhkan, atau dibagikan saja pada Bapak/Ibu Guru2 yang gajinya beliau-baliau masih dibawah UMR (jika ada).

Kalau memang Hotel Planet yang salah, ya suruh mereka untuk membongkar dong. Atau segel aja sekalian, yang penting mereka gak utung, malah rugi.

Kenapa harus membongkar dengan mempergunakan uang dari APBD ?
(sekali lagi) 2M LAGI ! (masih belum ketemu jawabannya !).

Technorati Tags : , , ,

13 Responses

  1. hotel planet tu sebelah mana si ?

  2. Rendy : kalau tidak salah sih, dekat Gubernuran (ujung jalan Kebon Kawung, dekat stasiun). Pas belokan kalo tidak salah.

  3. Konyol sekali ya? Menurut pendapat saya Hotel Planet memang bersalah, tapi pemkot Bandung jauh lebih salah lagi. Bukankah kalau pengusaha mau *nakal* tapi diawasi ketat maka tidak akan terjadi seperti ini? 2M ini saya rasa bukan untuk pembongkaran semata, tapi jg untuk menjaga *gengsi* pemkot.

  4. Hal tersebut baru satu atau beberapa kegiatan RAPBD 2006 yg tampil di suratkabar saja khan.
    Kalo bisa diusulkan saja untuk tiap tahun nya, seluruh KEGIATAN& BESAR ANGGARAN kegiatan tiap unit / satuan kerja (Prov Jawa Barat & Kotamadya Bandung) yang tentu telah disahkan di-publis ke publik misalnya di http://www.jabar.go.id/ sehingga masyarakat umum mengetahui program tiap unit dan kegiatan dedicated gubernur / walikota dan kegiatan unit untuk pelayanan publik /aparatur / kegiatan carry over. Karena kadang-kadang ada kegiatan “titipan” itu yang susah …..

  5. wargabandung : kayaknya itu anggaran mendadak.
    Usul yang bagus. Bisa bantu ?

  6. waduh, gue bingung orang bdg yang tampangnya kalem-kalem kagak taunya paling doyan korupsi uang rakyat. semua diduitin.apa-apa pake duit. gosipnya yang dikorupsi tuh nyampe 60%.apa karena banyak cowok ama cewek matrenya jadi semuanya pokoknya harus dikorupsi. usul gue mungkin menarik :
    1. pindah ke tangerang, soalnya korupsinya di sana tuh cuma sedikit, kagak nyampe 60%. jalannya mulus-mulus lagi, kagak banyak lobangnya
    2. usul kepada pak sby agar orang bandung jangan jadi pejabat di tempat lain , nanti nularin penyakit yang 60% itu. orang bandung biar korupsi di bandung aja
    3. bersabar

  7. bangpalit : Waduh, jangan generalisasi begitu dong. Itu kan oknum.
    Mohon tidak meneruskan hal seperti itu.
    Tapi penasaran, data 60% itu dari mana sumbernya ?

  8. bukan rahasisa, gedung sate itu sarang para pejabat berjiwa penjilat dan culas. di depan umum berbicara seoalah mewakili pribadi masyaraakat,kalau rapat antar fraksi, mereka seperti srigala yang cari kesempatan untuk meraup duit.

    pejabat itu memang cerdas. tapi cerdas seperti otak idiot,babi ngepet. mereka tidak mempan sekedar kritik. mesti di tembak atau ditenung. bangsat para pejabat……

  9. DUA M I L I A R….. wow dana yang cukup besar ya………..untuk membongkar (menghancurkan Hotel Planet), wahai bapak wakil rakyat alagkah baiknya dana yang besar tersebut dialokasikan untuk SAPRAS (Sarana dan Prasarana) Kota Bandung, masih banyak loh kondisi jalan yang kondisinya rusak berat yang perlu di perhatikan atau dana tersebut untuk mambiayai anak2 yang putus sekolah. KAHARTI ARTOSNA LAMUN DI ALOKASI KEUN KA RAKYAT LEUTIK MAH (PUBLIC SERVICE). THANX

  10. wush he gitu klo aturan bermain aturan…
    dua miliyar tu cukup tu bantu bantu rakyat yang susah emam, buat mimi susu anak balita yang tergolek di pinggir jalan, buat anak jalanan yang suka bermain tepuk tangan sambil menahan lelehan ingus he…
    impian qt kota bandung BERMARTABAT smoga manusianya jadi tolak ukur utama

  11. wuih hebat yo bandung!!!2 miliar looo……Padahal masyarakat di Bandung masi ada yg lebih membutuhkan….eh bisa minta anggaran/APBD kota bandung ga?kl bisa kirim di Emailku ya….yg lengkap ya.buat tugas KUL…

  12. yang bangun siapaaaa,pake duit siapa….yang mbongkar pake duit siapa…dasar pemerintah kota, udah ngasi ijin bangun, pas udah kebangun ditanya SBY malah nyalah2in orang…nggak bertanggung jawab…yang bangun juga pake nipu pemkot lagi, ijinnya 4 lantai malah jadi 6 lantai…trus janjinya mau mbongkar pake si 2 miliar itu..
    yang aneh lagi, skrg udah boleh beroperasi sebelum dua lantai atas dibongkar…kan aneh???? kasian amat si penghuni?

  13. […] berita dibawah ini, jadi inget pernah posting @ November 2005. Ternyata sudah hampir 2 tahun “peristiwa” ini masih gak beres2 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: