Memilih linux karena ikut-ikutan?

Membaca berita (Detik : Hasil Survei OSDL – Linux Dipilih Karena Ikut-Ikutan Pesaing), membangkitkan sedikit rasa penasaran.
Untung saja sebelumnya sempat membaca sumber aslinya : OSDL : OSDL shares Desktop Linux survey results.

We found the top two results to be intriguing in that conventional wisdom suggests that Linux is initially adopted as a developer tool (user demand) but is generally not viewed as a competitive issue. We feel that this represents a unique cultural shift within
organizations to stay aggressive in analyzing and deploying open source software and to not be left behind.
We also found it interesting that TCO and the reduction of licensing costs, which are more economic than technical benefits ranked higher than security. One explanation based on the write-in essays appears to be that security is not considered an issue with Linux and herefore TCO and licensing costs are areas of positive gain, whereas security has already reached a baseline plateau.

Pada pertanyaaan survei, pilihan ke 8 dari pertanyaan bernomor 15 adalah :

8. My competitors have successfully deployed Linux

Yang menjadi penasaran adalah penerjemahan dengan memakai kata “ikut-ikutan”. Mengapa tidak “mengikuti jejak para pesaing yang sudah berhasil mempergunakan (atau mengimplementasikan) linux” ?

Info dari Polisi EYD : Menurut KBBI, “ikut-ikutan” berarti “mengikut saja (pikiran,perbuatan, dsb) orang lain (tanpa kesadaran atau keinsyafan).”

Bukankah mereka menyadari, bahwa banyak kompetitor yang telah dengan sukses mempergunakan linux, menghilangkan keragu-raguan yang mereka miliki ?

Jadi kalau ikut definisi KBBI, maka memilih linux hanya sekedar ikut-ikutan saja. Apakah demikian ? Bagaimana dengan Anda ? Apakah memilih linux hanya ikut-ikutan saja ? Trend sesaat (TM) ?😛

(Hasil survei bisa didownload disini)

Technorati Tags : , , ,

6 Responses

  1. Detik gitu loh..🙂
    Bravo Linux Selalu !!

  2. Kata Gus Dur itu yang disebut “diplintir oleh pers”…😀

  3. seandainya judulnya ‘Linux Dipilih Karena Pesaing Sukses’ bandingkan dengan ‘Linux Dipilih Karena Ikut-Ikutan’.. mana yang lebih menarik?

  4. kadang2 linux bisa malah ngeropotin juga sih….

  5. Wicak : Mungkin yang netral aja “Hasil Hasil Survei Open Source Development Labs November 2005”.
    Yang mungkin perlu ditekankah, adalah tidak sekedar “ikut2an” saja, tetapi memang mengikuti pesaing yang sudah berhasil mengimplementasikan (dalam arti, tentu dengan pemikiran dan pertimbangan matang).
    Btw, siap2 bergadang jadi bapak ya …😛

  6. Sebnernya banyak aspek sih knapa org masi sungkan pake linux. Krn emang udah terbiasa pake yg bukan linux. Btw, terus terang selama 8 tahun saya pake yg bukan linux, dan baru2 ini saya belajar linux, ternyata banyak hal2 yg bisa linux lakukan yg tidak bisa dilakukan oleh yg bukan linux alias produknya Microsoft itu. Org linux pun sebenernya kagak gitu seneng disebut org linux (itu yg saya tau). Mereka kaga perna ngatakan bhw mereka pake linux, namun yg mereka pake adalah modul2 tertentu aja yg mereka gunakan, sama seperti sistem UNIX. Hanya modul2 tertentu aja yg digunakan. (Jadi kagak semua modul diinstal, ntar mubazir). Mereka lebih seneng disebut “org GNU”. (Itu sebenernya mengarahkan mereka ke suatu tingkat spesialisasi tertentu atas modul linux yg mereka gunakan. Namun mungkin berbeda dgn gambaran org umum bhw org bisa linux hrs bisa “ini-itu”. Mungkin hrs dimaklumi krn Indonesia butuh banyak org pinter yg bisa dibayar murah). Mereka sendiri punya prinsip bhw jangan ajarkan sistem linux ini pada orang2 yg terdahulu. Tapi ajarkan pada “Newbie”. Btw saya sendiri skarang masi pake 2 OS. Belum bisa bener2 linux full. Gw do’a-in smoga si Linuz Trovald jadi org Islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: