Pernyataan Menyikapi Berita Penggunaan Formalin Dalam Makanan

Bandung, 29 Desember 2005.

Menimbang :
Minggu ini terbukti sudah (secara resmi), bahwa ada ada makanan yang mengandung formalin. (Detik – Inilah 8 Merek Mie dan Tahu yang Mengandung Formalin). Padahal SCTV pernah beberapa waktu yang lalu menayangkan reportase penyelidikan tentang hal ini.

Memperhatikan :
Belum ada tindakan nyata dari pemerintah terhadap hal ini.

Membaca :

Pasalnya, bahan-bahan makanan yang mengandung formalin ini sangat berbahaya bagi kesehatan. “Lama-lama bisa menyebabkan kanker loh,” kata dia.
Selain kanker, dampak formalin dalam jangka pendek atau panjang antara lain iritasi saluran pernafasan, muntah-muntah, pusing, rasa terbakar pada tenggorokan, penurunan suhu badan, dan rasa gatal di dada.
Selain itu juga bisa memicu kerusakan hati, jantung, otak limfa, sistem susunan syarat pusat dan ginjal.

(Imbauan Penyelia Laboratorium Pangan dan Bahan Berbahaya Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) Irdawati kepada wartawan, Jakarta, Selasa (27/12/2005) ) via Detik – BB POM Jakarta Imbau Publik Hindari Mie, Tahu & Ikan Asin)

Maka saya memutuskan :
untuk

sementara waktu tidak akan memakan makanan2 yang dicurigai mengandung formalin

Paranoid mungkin. Mungkin juga ada yang bakal protes (Detik : Asosiasi Pengusaha Makanan Sesalkan BPOM Soal Formalin). Tapi saya berhak untuk memilih yang terbaik bagi saya pribadi. Termasuk berpisah sementara dengan makanan favorit saya 😦.

Untuk mengelabui konsumen, produsen Tahu Kuning Sari tidak segan-segan membubuhkan tulisan di bawah kemasan dengan kata-kata “Bebas formalin dan boraks”. Sementara di kemasan Tahu Takwa Poo tercantum nomor register dari Depkes RI.

TAPI, selama belum ada informasi yang bisa meyakinkan (yang memiliki jaminan tertulis dan teregistrasi saja mengandung formalin kok), ya itu yang akan saya lakukan. Pengecualian kalau kita memang tahu sendiri bahwa penjual tidak mempergunakan formalin.

Pernyataan dibuat tanpa adanya paksaan untuk mengikuti sikap saya ini, dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, tanpa paksaan dari pihak manapun juga.

Technorati Tags : , makanan,

11 Responses

  1. kita seide nih, sementara waktu ini, sy jg stop dulu makanan yg mengandung formalin, ambil langkah aman!.

  2. btw, ada gak sih cara yang praktis untuk mendeteksi formalin?

  3. koq tega2nya nyantumin label bebas formalin tapi ada formalinnya ya?

  4. kita2 ini makan formalin untuk diawetkan rupanya. jadi mayat tidak, hidup tidak…….ya mayat hidup.

  5. formalin……………………..,siapa takut???????????????

  6. di rmh g masih mkn tahu, abis gmn? nenek g harus mkn tahu, coz cm itu mknan yg nenek g bs mkn… gigi’a uda ga gt kuat. Jd g ikut mkn d. Nenek oh nenek…

  7. ney,, ada ciri2 bahan makana yang mengandung formalin…

    • Tahu yang bentuknya sangat bagus, kenyal, tidak mudah hancur, awet beberapa hari dan tidak mudah busuk.
    • Mie basah yang awet beberapa hari dan tidak mudah basi dibandingkan dengan yang tidak mengandung formalin.
    • Ayam potong yang berwarna putih bersih, awet dan tidak mudah busuk.
    • Ikan basah yang warnanya putih bersih, kenyal, insangnya berwarna merah tua bukan merah segar, awet sampai beberapa hari dan tidak mudah busuk.

    sumber:www.pom.go.id

    moga bisa bemanfaat bwat semwa….

  8. Marsha :
    Jangan khawatir. Coba cari2 saja penjual tahu yang bisa dipercaya.
    Atau kalau perlu datang aja ketempat penjualnya, sekalian adventure🙂
    Btw, misalnya, tahu Cibuntu, katanya tidak mempergunakannya.

    http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/012006/19/0602.htm
    “Hal tersebut disimpulkan karena dalam pertemuan sebelumnya dengan para perajin tahu di Cibuntu, kebanyakan tidak mengenal penggunaan formalin. Malah bisa dikatakan produsen tahu di Cibuntu tak ada yang menggunakan pengawet dari bahan kimia.”

  9. bagi gua ada atau ga ada kasus formalin sama aja toh tahu tetep enak dimakan mau yang mentah enak apalagi yang udah mateng habis gimana yah formalin sebenarnya udah dari dulu tanggung kali yah kalo formalin udah ada di tubuh gue dari dulu

  10. kalo bisa pemerintah itu segera menindak lanjuti tentang masalah formalin ini.
    soalnya formalin itu bener2 berbahaya buwat kesehatan umat manusia…….
    say no to wear formalin for our life and our foods…………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: