Usulan PERDA Larangan Motor 2 Tak Masuk Kota Bandung

Dulu sempat ada issue, motor bermesin 2 tak dilarang masuk ke jalan2 utama (kalau tidak salah Jl. Asia Afrika misalnya). Tapi ternyata yang dipermasalahkan adalah soal kebisingan knalpot. Padahal memang knalpot itu sudah standar dari penjualnya. Akhirnya berita ini menghilang tanpa kejelasan.

Lalu hari ini ada berita lagi tentang pelarangan motor 2 tak.

Bandung, Kompas – Untuk mengurangi tingkat polusi udara, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kota Bandung mengusulkan peraturan daerah tentang pelarangan sepeda motor dua tak masuk Kota Bandung.
Ini disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kota Bandung Dedy Mulya seusai mengikuti acara diskusi tentang air di Radio Shaf AM Bandung, Selasa (7/2). Dalam waktu dekat, BPLHD Kota Bandung juga akan mengadakan uji kadar timbal.
”Untuk itu, kendaraan sepeda motor dua tak harus dikurangi. Minimal jangan masuk ke Kota Bandunglah,” ujar Dedy.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Timbul Butar Butar mengatakan, usulan ini harus dikaji lebih jauh. Sebab, pemerintah pusat telah mengizinkan kendaraan dua tak (2T) diproduksi dan dipakai secara luas oleh masyarakat

Sumber : Kompas 8 Feb 2006 – Motor 2T Dilarang

Jika memang motor bermesin 2 tak bermasalah, tutup saja pabriknya, atau larang impornya. Dan harus dibuat mekanisme tukar tambah (yang ditanggung pemerintah), sehingga mereka masih tetap bisa memiliki kendaraan untuk beraktifitas.
Karena pemerintah bertanggung jawab membiarkan masyarakat membeli/memiliki motor 2 tak.

Perbaikan sistem, kualitas, dan pelayanan angkutan umum juga harus dilakukan oleh pemerintah sehingga akan menarik masyarakat untuk menggunakan fasilitas angkutan umum.

Bisa dibayangkan, satu bus berkapasitas 50 tempat duduk diisi orang-orang yang semula menggunakan sepeda motor. Maka jumlah sepeda motor yang beroperasi di jalan raya sedikitnya telah berkurang 25 hingga 50 unit. Dan jika pada saat itu ada 10 bus besar yang beroperasi, maka jumlah sepeda motor yang beroperasi di jalan bisa berkurang hingga 500 unit.
Tapi nanti muncul pertambahan angkutan umum. Ya lingkaran setan.

Dan jangan juga lupakan kendaraan-kendaraan lain, yang turut menyumbang polusi udara. Tentunya yang memang melewati ambang batas toleransi.
Misalnya perhatikan bus2 Damri yang asap-nya sedemikian hideung-lestreng (hitam sekali).

Salut buat teman-teman yang mulai mempergunakan sepeda untuk bepergian.

28 Responses

  1. sekarang motor, besok2 mobil plat B aja sekalian dilarang masuk Bandung😀
    karena membuat macet dan menambah polusi udara

  2. saalh pokus…

    #banyak mana motor 2 tak dibandingkan motor 4 tak, atau mobil, atau mesin bensin lainnya yang tidak memenuhi standard euro2 (produksi 2003 kebawah)?

    #jangan lihat damri dari asap hitamnya, mesin diesel itu relatif lebih aman dari mesin bensin. cmiiw.

    #nanti tukang potong rumput bermesin gak boleh juga beraktifitas di kota bandung… horeee peluang kerja untuk tukang rumput manual🙂

  3. gw setuju dengan pelarangan motor 2 tak di bandung….

    sudah waktunya benda yang bising dan mengganggu saluran komunikasi berbasiskan CDMA itu menghilang

  4. 2: fp : memang kalau tidak salah baca disel sebenarnya lebih bersih. Tapi gak tahu apakah memang sudah dipasang filter di bu2 damri itu. Soalnya pengalaman SMA ngejar bis damri, sering kena “kentut” hitamnya😦

    3 : rendy : kok bisa ngganggu sinyal CDMA ?

  5. mo kasih info, lanjutin obrolan perda mesin 2 tak. mudah-mudahan ada manfaatnya. Dan ini timbel bukan nasi plus ikan asin and lalap, tapi timbel beracun

    IQ anak anak SD Kota Kembang Bandung terancam racun timbel-timah hitam

    Berdasarkan penelitian Indonesian Lead Information Center pada kadar timbel di dalam darah anak anak SD di kota Bandung telah tercemar racun timbel atau timah hitam. Lebih dari 70% melebihi ambang batas yang ditetapkan WHO ( ambang batas,10 ppm gram/dl). Dengan rata-rata kadar timbel dalam darah anak SD kota Bandung ialah 13.252 µg/dl. Penelitian dilakukan terhadap anak-anak SD yang tersebar di 20 kecamatan Kota Bandung dan bekerja sama dengan Teknik Lingkungan ITB.
    Penyebab tingginya kadar timbel dalam darah dindikasikasikan berasl dari air minum yang telah terkontaminasi. Selain itu, sumber pencemaran berasal dari pembakaran bensin kendaraan motor. Meingat sampai detik ini, kota Bandung masih dipasok terbesar oleh PERTAMINA dengan bensin bertimbel berkadar tinggi melebihi ambang batas yang diatur oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Berdasarkan hasil penelitian LIC bekerja sama dengan Kementerian Negara Lingkungan Hidup pada kualitas bensin, Kota Bandung masuk pada rangking atas. Rata-rata kadar timbel pada bensin di kota bandung sebesar 0,117 ppm gram/l. Ini jelas melewati ambang batas yang diatur ESDM dalam penyediaan bahan bakar ialah 0,013 ppm gram/l.
    Apabila kondisi demikian berlarut-larut dibiarkan, dikhawatirkan akan terjadi merosotnya point IQ anak anak SD di kota Bandung. Pemerintah Jawa Barat terutama Kota Bandung segera bertindak mengeluarkan peraturan daerah tentang larangan penjualan bensin bertimbel yang dilakukan Pertamina. Selain timbel merusak sistem saraf otak anak anak dan autis. Pada orang dewasat timbel juga menyebabkan perubahan perilaku, dan pertumbuhan lamban. Dan bagi wanita hamil dapat menyebabkan bayi prematur. Jangan biarkan kota kembang jadi hitam dan legam warnanya karena timbel. Pilihan milik anda!!!

    Edi Purwanto
    Indonesian Lead Information Center
    0812-1957060

  6. jangan salahin 2-tak, salahin pemerintah
    krn ini semua ujung2nya duit
    jgn cuma komentar, tp pikir pake otak jernih

  7. 2-tak lbh inovatif dan dinamis maka masih banyak yg setia ma 2-tak walaupun sekarang harganya ancur2an.kl ga mau berisik jgn tinggal di indonesia, kl mau tinggal di indonesia ya…..kyk ginilah!tp, gw pribadi jg benci ma orang2 yg suka track2an di jalan ga peduli itu 2-tak atau 4-tak,kesannya pembalap wanna be banget!sekali lg jgn salahin 2-taknya tp pemakainya.krn, banyak pemakai 4-tak yg ugal2an dan motornya jg berisik gila!long live 2 – stroke.oiya, jujur aj gw benci bgt ma pemakai RX-King yg tengil2, lo kira motor lo yg paling kenceng.pakein katalis dulu tuh knalpot.see ya later to you all

  8. wah jangan dilarang dong kasihan yang punya motor 2 tak emang mo di buang di sampah kecuali pemerintah mo gantiin ya gak papa sih okey entar lagi ak buat perdanya and anggaran buat ngantiin motor 2 tak sekarang lagi di godog di kuali perdanya okey tanks

  9. benar tuh pemerintah taunya cuma ngelarang aja ngak pernah kasih solusi yang benar…diotak merekakan ..pikiran uang uang uang…!!!!!!
    terus kalu ngak boleh beredar lagi di daerah perkotaan motor 2 tak nye mau diapain ..apa pemerintah mau ganti rugi …yang pasti pemerintah berkelit melulu…seperti abu nawas..!!!!!

  10. Saya setuju dengan berita yang di cetak oleh kompas pada tanggal 8 february 2006 apa bila memang adanya larangan untuk kendaraan 2T,kenapa produk2 untuk kendaraan 2T masih di jalan kan.Kalau memang sudah ada larangannya kenapa tidak di tutup pabriknya dan di cabut siapapun yang memiliki kendaraan 2T tersebut dan di berikan pengganti motor yang tidak mengeluarkan gas buang yang berlebihan dengan cuma2. Dan tentang polusi, saya katakan bahwa polusi terbesar saat ini sebenarnya bukan dari kendaraan bermotor saja melainkan bus2 besar.Tolong itu diperhatikan…..Thanks

  11. biar orang-orang pada sadar buat ga ngegunain kendaraan mereka yang nyebabin polusi berlebih, bikin donk monorail(ayo, beradu cepat ama jakarta!!! jangan mau kalah!!!) katanya mau jadi provinsi termaju 2010!!! kalo orang-orang ga mau makenya, kasih ongkos mereka buat pergi ke luar negeri, biar belajar!!!

  12. wew, orang yg punya kendaraan bermotor 2 TAK dari hasil nabungnya selama bertahun-tahun diharuskan pemerintah untuk tidak boleh dipakai lagi????? gimana kelangsungan hidupnya n keluarganya? pagi2 dia nganter anak2nya ke sekolah pake 2tak, trus pergi ke kantor pake 2 tak juga. pulang ke rumah pake 2 tak. kalo keluarga sakit ya di boyong pake 2 tak kesayangannya itu. istri melahirkan ya 2 tak juga. buat dia mungkin motor 2 tak yang katanya pemerintah berpolusi tinggi itu, adalah nyawanya dan kaki buat sekeluaga. bila ada solusi lain, misalnya pemerintah membuat MRT (kereta bawah tanah) seperti di negara2 tetangga kita atau bus2 yang nyaman, aman, dan terjangkau, tentunya nasib orang seperti bapak tadi akan terjamin. cia yo pemerintah…

  13. geus marake sapedah nu ramah lingkungan. puguh deui sehat jeung ngabadagan bitis………….

  14. em…….pada ga’ sadar,dimana-mana yang namanya bising dan polusi hasil buatan manusia selalu menjadi masalah….
    klau kpengen ga’ terkena polusi end bisingnya motor 2 tak masuk aja ke liang lahat,baru ga’ bakalan kenal dengan polusi ma bising dari motor 2 tak…

  15. motr 2t tuh kencang,mesinnya ringan,ga terbeban oleh mekanisme2 yang lain.contahny motr 4t(mutar klep aj..udh abies tenaga mesin 50%)
    perwtnny mudah,konstruksinya sederhana…jd biaya pembuatannya murah dech.!!

    tetapi asapnya tebal,hidro karbonnya tinggi,karena saat trjd pemblasn ada uap bensin yang keluar,dan ini sangt berbhaya.minyknya boros(mgnhbskan minyak negara aj!).

    oklah….stop aja produksi mtr 2t,lalu gusur mtr 2t di bumu indonesia,dan berikan ganti rugi pd pemiliknnya.

    tapi jgn mtr 2t gue donk….i love my motrcylce.liat aja..bmgnpun caranay gua hrs ngmbangin motor 2t yg rendh emisi gas buang,tapi keganasan 2t tdk berubah(alias 2T electronic fuel injection)

    peace..!!!!!!!!-p

  16. beuh kumaha atuh pemerintahna iemah nu salah!!!

    pikirkeun deui kumaha nasib nu baroga 2tak!!!

    REK NYINGKREUH!!!!!!!!!!!

    buat donk solusi yang tepat seperti penggantian orneldil yang bisa diterapkan untuk mengganti AGAR DAPAT RAMAH LINGKUNGAN!

    BRAVOOO BANDUNG

  17. harap berpikir sebelum bertindak !
    jgn cuma bisa ngomong…
    maen PERDA gak cuma ngefek ke daerah yang dikenakan nya
    TAPI SEMUA !!!!

    2 tak dilarang…
    terus mau kemna??
    pemerintah siap beliin motor baru buat yang punya 2 tak??
    GAK BAKAL KAN !!!

    ok 2 tak gak masuk bandung!!
    tapi daerah laen gimana???
    TAMBAH BANYAK !!!

    pa mereka yakin 2 tak paling banyak keluar timbal???
    PABRIK??
    soal bising…
    truk atau bis yang saluran buangnya rusak MANG GAK BISING??
    4 tak yang pake knalpot racing…
    PA GAK BISING???

    punya OTAK pa CUMA pake EMOSI !!!!!!

    apa gak pernah mikir,,,
    BUAT SARINGAN YANG BISA DIJUAL BEBAS !!!
    sejenis converter . . . .
    gmn??
    pa gak da lewat OTAK !!!!

  18. kalo g salah bukan motor 2 taknya yang di larang tapi kadar emisi yang terbuang dari 2 tak tersebut yang dianggap membawa dampak buruk untuk lingkungan.oleh karena itu dari taun 2003 para produsen motor diminta melakukan pembenahan pada produksi motor 2 tak mereka agar bisa ramah lingkungan, minimal bisa lolos standar euro 2. Belakangan ternyata hanya kawasaki saja yang masih memproduksi motor 2 tak, karena mereka memang bisa membuat teknologinya ramah lingkungan (asalkan dalam keadaan standar) sedangkan yang lain seperti suzuki dengan satrianya sudah berpindah jadi satria fu 4 tak dan yamaha rx king sudah tidak diproduksi lagi

  19. oh iya tambahan..kalo bisa coba pemerintah bisa mendanai suatu proyek untuk pembenahan motor 2 tak yang sudah ada agar bisa ramah lingkungan…kalo emang masih banyak pengendara motor 2 tak yang bandel, silahkan ditangkap saja

  20. aku lg cari motor murah

  21. yang pastinya motor 2 tak terlalu banyak menghamburkan bensin . Sebenarnya motor 2 tak sudah mau ditiadakan lagi , dalam rangkan melakukan hemat energi .

  22. wwwwwwwwwwwwwwwwwwwoooooooooooooooooooiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…………… mooooooooottttttttttttoooooooooooooooooooooooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr 2 tak itu ngak boleh dimusnahin..
    kalian pikir itu beli pake duit nenek moyang u….

  23. silahkan kalo mau di larang, tapi gw mintak ganti rugi. stidaknya 10 jutalah. buat beli motor yang baru,, mau mau mau?? gak maukan? jangan bodohlah…

  24. kok kita lagi yg disalahin

  25. ah berisik kali kalian …….

    Aku pelihara motor 2 tak banyak biar nanti kalau di ganti rugi pemerintahn menang banyak aku….!!!!

    Solusi bung….. Kenapa Latihan perang ga pake bamboo runcing aja ini Negara. dari pada lempar2 bom, granat , tembak sana tembak sini kan mubazir dan polusi lagi. Pemikiran dangkal kali lah itu . benar kata the initial clue…. bikin saringanlah pasti laris manis
    😛

  26. the initial clue mantab sekali pendapat nya setuju banget… bens raja sonang bisa kaya mendadak qta mas broo hahahaha

  27. jreng jreng jreng …………!!!!

    dua tak memang yahudd…….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: