Razia Software Di Makasar

Ada beberapa catatan yang menarik dari kasus razia software di Makasar.

1. Ada sekitar 8 orang pemilik toko komputer yang ditangkap Febuari lalu.
Tapi yang menarik perhatian adalah Bapak Sin Sinar, yang menjabat ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Makassar, ditangkap oleh aparat kepolisian di Makassar pada Kamis lalu (16/03/2006).

Seperti umumnya, kita bisa bayangkan bagaimana tingkat kesadaran para pengusaha komputer soal Haki. Umumnya menyebut, ketuanya aja ngopy, bagaimana yang lain.

2. Mengenai Bapak Sin Sinar, Ia tertangkap basah saat menggandakan program autocad pesanan sebuah bank di Makassar.

Aneh, kok Bank memesan Autocad. Buat apa ya ?
Apakah ini pesanan khusus, atau paket standar untuk pembelian komputer?
Jika itu pesanan khusus dan Bank itu tahu status software yang dipesannya, maka seharusnya Bank juga harus dilibatkan. Tapi tidak ada berita lebih lenjut.

3. Soal razia ini juga belum ada satu kesatuan sikap dari pihak yang berwenang.
Misalnya terhadap usulan agar instansi2 pemerintah yang diminta juga dirazia, AKBP Bambang Prihastianto mengatakan :

“Dalam undang-undang, software bajakan yang dilarang adalah untuk kepentingan komersial. Jadi untuk kepentingan komersial dilarang! tapi untuk kepentingan pelatihan, dan di instansi-instansi itu diperbolehkan,” tampik Bambang.

Guuuubrak ….. kok bisa ya ?
Gimana mau menerapkan Haki jika begini ?

16 Responses

  1. Dari segi prioritas dan efektivitas, langkah polisi merazia pengedarnya dulu itu udah benar. Tentu polisi punya personil terbatas. Kalau sudah tidak ada pengedar, tentunya akan semakin sedikit orang yang menggunakan produk bajakan. Setelah itu, barulah razia penggunaannya.

  2. semua razia cuma sporadis aja…buat cari duitπŸ™‚

  3. yang kena razia cuma yg kurang setoran sama pak pulisi tuhπŸ˜›

  4. Wah denger-denger neh nanti bakal ada penggrebekan door 2 door neh.., Gmn yah kalo kedapatan..πŸ™‚. Wah gw mesti upgrade CPU gw dengan Linux neh..

  5. Satu lagi catatan yang menarik waktu razia di Makassar, yaitu adanya sweeping laptop/notebook di jalanan, yang kedapetan bawa laptop/notebook tanpa OS (Windows) orisinil akan diproses, bahkan lagu MP3 yang ada di dalamnya juga kena getahnya.

  6. yang penting brainstrooming dulu…πŸ™‚
    biar orang-orang pada nyadar… “o0o.. undang-undang HaKi itu ada tho…”
    Nah.. setelah itu baru, lakukan pendekatan yang efektif…
    Kayak anak kecil yah… dibilangin nggak ndengerin.. musti di tabok dulu, baru si anak nengok sambil nangis-nangis.. baru mau ndengerin.. habis itu nurut deh…πŸ™‚

  7. klo ada yang pengen dapet update antivirus, program aplikasi lain , password recovery atau pengen dicariin file tertentu langsung aja ke http://powered.at/unser

  8. Ada lagi razia film2 di makassar. Semua toko2 tutup…yang lucu, penjual software terbuka…Mungkin dia udah cukup bayar ke polisiπŸ™‚
    Sy download aja software dan film2. Kwalitas pasti bagus dan gratis lagi hehehe

  9. ADA YANG TAU CRACK SMARTDRAW 2007

  10. Yang diuntungkan dari razia software itu hanya POLISI dompetnya jadi tebel kayak bantal kapuk.. trus buat ngedugem terus..

  11. Lha wong yang kasih tau ama yang nangkepin aja ga ngerit UU HAKI, dikantornya aja masih muter mp3, ngetik juga pake office bajakan, apa lagi Windowsnya. Tapi ya itu tadi katane sih karena ga komersil yang boleh aja..HEHEHE Dagelan ALA Indonesia…
    Hukum kok mbeda-bedain, mana bisa jadi negara HUKUM

  12. bagi yang mau beli software lain/ belum migrasi bisa mencarinya di http://www.software-asli.com
    tersedia berbagai macam software microsoft windows xp, vista, office adobe photoshop, acrobat, coreldraw, autocad, dll.

    terima kasih

  13. huhuhu.. yang nangkep asal nangkep karena kan ada duitnya, UUD deh.. eh yang kena razia goblog nya minta ampun, percaya aja lagi kalo polisi bilang ini bajakan yang itu bajakan. padahal udah megang laptop yah minimal komputer udah apal. eh mau aja dikadalin sama polisi, malu-maluin ah katanya orang modern gak gaptek. huhuhu.. makanya baca dulu HAKI nya, dan UU apasih yang dilanggar, jangan malu-maluin orang IT dunk.

  14. hehe..UU mana yang dilanggar, ga ada, lagian menteri informatika dan komunikasi menangguhkan peraturan mengenai software bajakan itu sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Baca koran deh..

  15. Kita sebagai pengusaha warnet statusnya seperti pengusaha Tegel atau narkoba. lihat saja Razia2 yang terjadi di berbagai kota di indonesia. tetep lah harus setor ke atasan.
    Capek ngurusin Polisi. Tutup aja warnetnnya seluruh indonesia. lihat apa yang terjadi dalam satu bulan.
    Indonesia akan ketinggalan technologi dan siapa yang akan di salahkan pastinya Polisi
    Lebih baik jualan bakso, tenang hidup nyaman hik hik hik….

  16. Mending razia yang lain saja. Misalnya razia narkoba, senjata api, minuman keras, dll. Kalau komputer kan juga untuk mencerdaskan bangsa. Kira-kira dong kalau razia. Salam kenal buat teman-teman di sini semuanya saja. Numpang lewat, sukses selalu untuk Anda sekalian. Jangan takut dirazia. Maju terus untuk dunia online di Makasar dan seluruh Indonesia.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: