Penipuan mengatasnamakan Carrefour

Hari Senin (20/03) yang lalu, sepucuk surat datang kerumah. Kebetulan istri saya yang terima. Ditujukan kepada saya. Lalu dibuka. Ternyata isinya kurang lebih pemberitahuan memenangkan undian bulan promosi Carrefour tahap II, dan harus menghubungi mereka.
Tertera lampiran kupon undian yang memang kami isi (dengan tulisan tangan istri yang memang mengisinya).

Maka dengan sedikit yakin, istri saya menghubungi saya untuk melaporkannya.
Namun, karena saya pernah baca pengalaman Bung Eko, maka saya curiga, dan meminta untuk tidak melakukan tindakan apa-apa.

Data2 nomor telepon untuk dihubungi sedang saya konfirmasikan dengan carrefour. Setelah ada konfirmasi, akan saya publikasikan.

Ciri-ciri surat penipuan :

  • Kertas folio polos, dengan kop surat Carrefour, dan diprint berwarna (berbeda dengan yang diterima Eko). Mungkin karena sudah habis modal😛
  • Surat tanpa perangko.
    Kemungkinan dikirim secara manual. Bisa jadi komplotan beroperasi didaerah sekitar. Walau surat seolah2 diminta menghubungi ke Jakarta, tapi bisa jadi mereka sedang di “daerah” kita.
  • Tidak ada batas waktu.
    Menyalin aja masih salah. Kayaknya gak ahli menyalin di SMP/SMA ya😛
  • Melaporkan rekening, yang lengkap dengan fasilitas ATM.
    Ini sih modus umum penipuan.

Iseng saja, coba telp Carrefour Bandung (022) – 6128520 (namun karena sudah sore, tidak bisa bicara dengan bagian humasnya). Diinfokan bahwa memang betul itu penipuan, dan memang data undian ada kebocoran, tapi gak tahu prosesnya bagaimana.

Terbukti kan blog itu bermanfaat. Coba kalau saya tidak membaca blognya Eko, pasti 68% sudah tertipu. Jadi hati2 rekan2/pembaca (khususnya di Bandung, yang juga turut menerimanya).

9 Responses

  1. YES!!! I’M THE FIRST!!!

    yup sama juga pengalamannya.. bini gue juga terima suratnya..
    berikut linknya..

    http://liputan6.com/view/11,116192,1,0,1140715945.html

  2. coba suratnya saya terima dirumah…saya langsung tahu itu penipuan! hihihihi soalanya di bali belum ada Carrefour 😛

  3. Thanks buat infonya🙂

  4. ya, saya juga baru kemarin dapat surat seperti itu kemarin tanggal 11 mei, namun suratnya lebih bagus, beda dengan ciri-ciri yang disebutkan diatas. disurat itu dikatakan saya telah memenangkan undian sebuah mobil honda jazz dalam undian seven wonder. di sana saya tidak disuruh transfer uang namun hanya harus mengkonfirmasikannya.namun semua nomer telepon tidak dapat dihubungi.

  5. Saya juga menerima surat yg sama dengan Dea, tanggal 8 Mei. Saya sempat konfirmasi, dan disuruh datang ke Carrefour. Kronologi dan foto contoh suratnya saya lampirkan di blog saya:
    http://smritacharita.blogspot.com/2006/05/honda-jazz-semalam.html
    Moga2 berguna supaya teman2 lain tidak tertipu.

    Menurut saya, ini seharusnya tanggung jawab sosial Carrefour untuk mempublikasikan adanya kupon yg alpa dimusnahkan. Tapi dari cara Carrefour menanggapi konfirmasi saya (hanya dihadapi oleh satpam & resepsionis), rasanya konsumen sendiri yang harus saling mengingatkan…🙂

  6. Berbagi pengalaman: Penipuan modus lain.
    Sy pasang iklan jual property/mobil di koran lokal, ada peminat tlp/sms dgn sangat meyakinkan (mengaku Haji xx/pejabat tinggi suatu perusahaan/pensiunan): berniat beli & minta konfirmasi no rek. utk transfer DP. Utk menyakinkan dia beri nomor rek.miliknya, no.tlp kantor, dll (mkn ada unsur Hipnotis lewat suara). Secara tdk sadar kita percaya & diminta utk melakukan prosedur transfer antar bank yg sedikit rumit/berbelit/ ada istilah canggih perbankan, diminta utk pergi ke ATM terdekat & lakukan transfer (a/n: T.Hariansyah BCA cabang Bogor). Bila sdh terjadi susah mengurusnya krn tdk aturan/hukum yg jelas mengenai penanggulangan hal ini dari pihak Bank, misalnya sistem blokir rek./kartu ATM si pelaku, dsb. Semoga hal jadi pelajaran buat yg lain agar lebih berhati-hati lagi.
    Salam

  7. Berbagi pengalaman juga: hati-hati bagi pemegang kartu kredit visa master card. Karena pengalaman saya, saya mendapat undangan melalui tlp untuk mendapatkan voucher gratis menginap di hotel berbintang. Dan di undang ke hotel preanger, dan ternyata mereka (perusahaan Club Bali) menawarkan paket liburan yg harganya puluhan juta, Saat itu saya sudah menolak, tapi entah kenapa saya bisa menandatangani perjanjian kontrak, kemungkinan saya terhipnotis. Dan untuk mengurus pengembalian uang akan sulit karena saya tanpa disadari telah menandatangi surat bahwa uang tidak bisa dikembalikan. Lebih baik masyarakat berhati2, jangan percaya yang gratis2/hadiah2. Untuk orang2 kecil susah mencari perlindungan hukum, meski banyak undang2 tapi kemana mengadunya, apa mau ngurusin orang kecil. Berhati2lah jaman sekarang penipuan bisa dilakukan mengatasnamakan perusahaan, kemungkinan menggunakan jasa para hipnotis juga bisa terjadi untuk menjual produk mereka, yang hanya penipuan…seperti Club Bali…

  8. Berbagi pengalaman:
    Pengalaman saya juga hampir sama dengan mas andi mulyana, saya ditelp seseorang mengatasnamakan dari asosiasi visa mastercard. Dia berkata bahwa saya pemenang undian 100 orang pemegang kartu visa aktif dll.., berhak mendapatkan voucher menginap di hotel samudera apa gitu. dan voucher2 lain… lalu saya diminta untuk menandatangani surat tanda terima, nanti dia datang ke rumah. lalu ia minta no HP saya. lalu saya ngerasa ini penipuan, jadi saya boongi dia lah tentang no hp saya. trus karena kartu saya terdaftar di alamat kantor ayah saya, dia minta alamat rumah saya. saya bilang kasih ke kantor aja, tapi dia bersikukuh minta dikirim ke rumah, akhirnya saya ngotot dan akhirnya selesailah pembicaraan. stelah saya konfirmasikan pada ayah saya, dia membenarkan bahwa memang itu hanya tipuan belaka.

    yang saya bingung gimana ya mereka mendapatkan data no telp rumah dan alamat seperti itu???

    saya berpesan pada semua orang yang membaca blog ini…

    WASPADALAH! Kejahatan seperti menang pulsa 20 juta (lewat sms hp) udah ga jaman lagi! sekarang modusnya udah tambah canggih…

  9. Makin pinter saja manusia ini, tapi bukan buat bikin pinter sesamanya, tetapi malah buat menipu. Waspada merupakan kunci utama namun bukan curiga berlebihan. Sukses mas Pipt

Leave a Reply

