Alat Pencari (Pengirim) SMS Bohong

Sekarang katanya ada alat untuk mencari siapa pengirim sms bohong. Sehingga dalam kasus sms gempa palsu yang lalu, sudah diketemukan 19 orang saksi.

Tapi sayang kalo seandainya pengirim sms itu dari luar negeri. Susah birokrasinya.

Dulu sempat kepikir, caranya paling2 query berulang2 dan mecocokan isi dan log pengiriman sms (dengan sistem terbalik). Tapi ternyata sudah ada alatnya🙂 Huebat euy ..
Entah rupa dan cara kerja alat itu. Ada yang tahu ?

Tentunya dengan alat semacam ini, membantu masyarakat, terutama yang pernah dapat sms “menang undian” bohongan, bisa juga mengecek siapa pengirimnya, sehingga bisa ditindaklanjuti oleh pihak berwenang. Dan menurunkan kerugian yang bisa terjadi

Tapi tunggu dulu …… disisi lain, bagaimana dengan efek psikologinya ?
Misalnya saya jadi takut kalau mengirimkan sms2 “peristiwa berikutnya”, takutnya nanti disangka berbohong, nanti dikenai tindak pidana deh. Belum lagi, kalau yang mengirimkan itu sendernya “OPERATOR GSM” atau malah “BMG” (eh, sendernya BMG apaan sih?)

Tapi jadi inget, apakah memang betul2 bisa dilacak? Kan ada layanan yang membuat kita bebas mengganti sendernya itu.

Pelajaran buat kita sih … kabar bohong itu tidak mahal, tapi efeknya mahal bener…….

15 Responses

  1. Untuk bukti, log GSM dari operator tidaklah cukup. Masih harus dibuktikan dg adanya bukti valid, bahwa pengiriman tersebut memang dikirimkan dari telfon ybs.

    Ada toolnya utk meretrieve berkas SMS yang udah dihapus dalam pengiriman SMS itu. Alat tu memang ada, dan banyak tool seperti ini tidak dijual ke publik, hanya utk penegak hukum. Sama halnya dg beberapa program sejenis ini.

    Ndak mo komentar lebih jauh lagi ah. Nyerempet-nyerempet kasus yang sedang dikembangkan.

  2. Btw, link yang ke kompas kayaknya salah ketik deh😀

  3. salah keteik ?

  4. Alat yang canggih itu ada, dan seperti yang Bli IMW tulis: beredar di kalangan terbatas (penegak hukum) kemampuannya? well, kira kira sama dengan di film-film lah😀 kadang lebih >:) jadi jangan menganggap remeh Pak Polisi🙂

  5. IMW : saya sih sangkanya log itu dari log-nya sms center operator.
    Kalau yg ambil sms terhapus sih, rasnya pernah baca. tapi belum pernah nyoba install🙂 (kaya 24 atau CSI aja).

    Seharusnya dengan alat pencari pengirim ini, bisa membantu mengurangi penipuan2 via sms.

    Seno : iya, sudah dikoreksi. Ternyata disini kalau tanpa “http://” dianggap path dibawah dokumen ini.

    Irwin : bukan meremehkan. Tapi ingin tahu, sekalian menyebarkan info itu, sehingga masyarakat tahu. Dan buat yang nyoba2 jadi jera.

  6. waah akhirnya setelah sekian lama up date juga neeh blog, jarak nya jauh amat tuh, emang kemana aja mas selama ini

  7. Majalah Bobo menerima banyak pengaduan disertai bukti penipuan.
    Modusnya, penipu mengirim surat pemberitahuan menang hadiah yg diselenggarakan BOBO. Hadiahnya menggiurkan, mobil, motor, dll. Surat pemberitahuan disertai kupon yang pernah dikirim ke BOBO, dengan lampiran dari notaris, polri, depsos (tapi semuanya itu palsu). Alamat kantor juga alamat palsu. Penipu menggunakan telepon flexi j(o21 – 68668567) fax. (021 – 6911368) juga kartu fren 0888 111 4080, dan sejumlah kartu mentari (0815…). Saya pernah mendaftar ada sekitar 15-an kartu yang digunakan, berdasarkan lampiran-lampiran yang dikirim pembaca Bobo ke kantor kami. Umumnya yang ditipu orang yang jauh dari Jakarta. Banyak yang sudah tertipu dengan mengirim sejumlah uang ke nomer rekening tertentu. Banyak juga yang tidak sempat tertipu karena terlebih dulu cek ke kami. Tapi ada juga yang ngeyel dan kecewa setelah diberitahu itu penipuan.
    Saya gembira sekali, ketika pemerintah mewajibkan pemilik kartu HP untuk mendaftarkan identitasnya. Dengan harapan, pemilik kartu akan terlacak. Tapi benarkah demikian?
    Kalau memang ada alat yang bisa melacak sinyal HP dan ada relawan yang bisa membantu Majalah Bobo mendeteksi dimana komplotan penipu itu berada, kami menyambut dengan senang hati.
    Saya dan beberapa teman di Bobo pernah berkomunikasi dengan penipu. Dari suara-suara yang ada di sekitar, rumah yang digunakan termasuk sepi karena suara-suara teman di sekitarnya terdengar. Yang bertugas menjawab telepon kelihatanya logat orang Cina Medan.
    Terimakasih….

  8. hmmmmmm…

  9. pengen banget gw bisa beli tuh alat biar sms atw tlp teroris d bali biar pada mati….biar damai bali n perekonomian kita maju kagi.he8888

  10. bagus juga sih menurut saya… alat itu… tapi kalo ada yang tau… hpnya tuh hp apa aja yang bisa buat ngelacak??? nokia apa hp yang lain bisa??? saya rasa alat itu harus disebar luaskan ke kalangan penegak hukum, terutama polisi…

  11. emangnya alatnya/softwarenya ada tah kalau ada saya mau beli beraapapun harganya itu soale byk penipuan lewat hp.soale saya mangkel jaman sulit kyk gini kok gitu yaaaaaaaaaaaa sama org Ina sendirri juga

  12. allow gw mao nanya nih,cara baca sms yg udah terhapus gmana sich?,n ada situsnya ga?,yang kedua, Ada cara baca sms orang ga?,masalahnya untuk melihat apakah pasangan kita selingkuh atau ga.so ksih tau ya caranya…n sama situsnya jg.oce.

  13. bagus juga sih menurut saya… alat itu… tapi kalo ada yang tau… hpnya tuh hp apa aja yang bisa buat ngelacak??? nokia apa hp yang lain bisa??? saya rasa alat itu harus disebar luaskan ke kalangan penegak hukum, terutama polisi…

  14. itu bner th bs d lacak ?alat nye software ato hardware…..

    di jual nye d mane ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: