Telkom Memo

Sekitar 2 minggu ini ada yang aneh dengan telepon (rumah). Sewaktu coba menghubungi kerabat (telepon rumah), yang langsung muncul (tanpa jeda) suara wanita memberitahukan “Maaf, nomor yang anda tuju tidak menjawab …” dengan kecepatan pelan.

Biasanya kalau sedang dipakai kan muncul nada sibuk (tut tut dengan tempo cepat).

Mulanya saya pikir ada gangguan atau rusak. Karena suara itu muncul langsung tanpa jeda. Setelah berkali2, akhirnya saya coba dengarkan, ternyata ini adalah layanan telkom memo.

Dan ternyata menurut pesan tersebut dikenakan biaya percakapan lokal.
Akhirnya menelepon ke HP, memang telepon rumah sedang dipakai.
Astaga, jadi sekitar 5 kali lebih, panggilan saya terkena biaya.

Hal yang sama saya alami ketika mencoba menelepon ke rumah (saat ada yg memakainya). Padahal yakin seyakin2nya tidak pernah meminta pengaktifan fitur itu.

Hasil menelpon 147, menurut operator :
Secara otomatis diberikan sejak awal tahun (padahal pengalaman baru mulai 2 minggu yang lalu).
Dan ini dipasang pada sentral telepon. Dan *** TIDAK BISA DIMATIKAN ***.

Artinya, kalau telepon sedang dipakai, sibuk (alias panggilan tidak berhasil), Telkom tetap mendapatkan keuntungan, karena akan dialikan ke layanan ini.

Jadi sekarang layanan ini dipaksakan ? Bukankah seharusnya ada aturan untuk mengaktifkan layanan atas permintaan user ?
Beginikah cara Telkom melayani pelanggannya ?

Saran untuk Telkom :
* Tolong dong Telkom, jangan lakukan pemaksaan seperti itu!
* Sudah cukup ada nada sela kok (tanpa memotong pulsa penelepon).
* Kalau memang tidak bisa dimatikan satu persatu, kembalikan saja teknologinya ke Telkom memo versi lama yang bisa dimatikan.
* Kalau memang teknologinya tidak bisa disetting lagi, bebaskan dong biayanya.

Apakah Anda juga mengalaminya? Atau memang Adakah yang tahu cara mematikannya ?

Artikel terkait :
Surat Pembaca Kompas 30 Juli 2004 – Penambahan Telkom Memo

12 Responses

  1. gw pake telkom memo, tapi tetep percuma, ngga bisa dengerin apa pesan yang dikirim sama orang… tahpapa

  2. Kan sesuai komitmen telkom, commited 2 Us (Us = mereka, :-(). Pasang dulu, kalau gak protes berarti gak apa-apa. Kalau protes, berapa banyak yang protes ? Tralala deh sama Telkom. Ilfeel.

    Btw, Mas Koen (http://koen.co.ro) bukannya orang Telkom ? Dia kira-2 tahu gag ya soal kayak gini ?

  3. Pipit, saya juga pernah nulis tentang hal ini, tapi lebih fokus ke layanan dari TELKOMSEL.

    Berikut ini tulisan saya :
    http://nurulwibawacahya.blogspot.com/2006/08/matikan-ring-back-tonesekarang-juga.html

    Kayaknya emang operator sekrang menghalalkan segala cara untuk mengeruk uang dari konsumen. Begitu ya kayaknya???

  4. Saya juga pernah ngalamin gitu tadinya itu telkom memo saya minta untuk dipasang karena rumah sering kosong. Tapi malah jadi kelewatan. Kasusnya : saya lagi di rumah, telpon ga ada yang pake trus tiba2 Ibu saya nelpon lewat hp nanyain itu telepon rumah dipake ga sih ?? kok dari wartel nelpon ke rumah langsung masuk telkom memo ??? lah ???
    Akhirnya kita matiin tu servis telkom memo. Useless.
    Masa sih ga bisa dimatiin ? saya bisa tuh.

  5. sekarang ini bisninya main kayu semua..! Semuanya dihalalkan, piye jal….?

  6. useless?

  7. Memang triknya promosi itu ada saja yah hehehe…

  8. Yuda : matikannya bagaimana ?
    Soalnya kata 147 gak bisa.

  9. bodog rakeback

    publishers autocrats!decency,Ligget

  10. – Telkom Memo merupakan fasilitas standar yang ada di setiap sambungan telepon guna melayani kebutuhan pelanggan pada kondisi pesawatnya rusak, sibuk atau tidak diangkat karena rumah kosong, arar tidak kehilangan informasi. Namun bila fasilitas tersebut tidak dikehendaki dapat minta pencabutan melalui 162 atau datang ke kantor. Fasilitas Telkom Memo Bapak telah kami cabut 6 Januari 2004.

  11. Loe semua jangan maen ngejudge telkom gak bener gitu donk…
    gw orang telkom nih, telkom memo bisa dimatiin kok, lw telfon aja 147 minta tolong dicabut fitur telkom memonya, gak mungkin gak bisa, pasti bisa….

    • @karin: kenyataannya begitu kok, harus komplen berkali2 baru permintaan pelanggan dikabulin…
      mending beresin dulu deh manajemen telkom sebelum bela diri di sini
      gue telpon 147 nanya soal call forwarding aja perlu ngeja berkali2 sampe customer servicenya ngerti apa yg dimaksud.. itu pun lama banget nyari infonya baru bisa ngasih tau prosedurnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: