Usus Buntu

Usus Buntu
Sekitar 2 minggu lalu ayah saya mengalami diare. Sempat meminum obat2 diare umum dan oralit (untuk mencegah dehidrasi karena diare). Namun sampai 5 hari berturut2 masih juga belum sembuh.
Ditambah kemudian adanya pengerasan dibagaian kanan bawah perut.

Setelah periksa ke dokter (18/12) dan akhirnya diUSG (19/12), diperkirakan positif peradangan usus buntu (APENDISITIS), karena ada cairan (abses/nanah) disekitar usus. Akhirnya Rabu (20/12) siang dioperasi.
Hasil analisa dokter : usus buntunya sudah rapuh, namun usus mencoba melindungi membentuk lapisan. Syukur hasil PA lebih lanjut tidak menunjukan adanya sel2 ganas.

Berikut adalah gejala radang usus buntu :
* Biasanya rasa nyeri dimulai pada perut bagian tengah perut (seperti penyakit Maag), dan akan menjalar keperut bagian bawah kanan
* Rasa sakit semangkin meningkat ,sehingga pada saat berjalanpun penderita akan merasakan sakit yang mengakibatkan badan akan mengambil sikap membungkuk pada saat berjalan.
* Bila radang semangkin meluas dapat menimbulkan rasa mual , bahkan muntah , dan nafsu makan akan segera menurun.
* Demam akan segera timbul apabila radang tidak segera mendapat pengobatan yang tepat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
* Infeksi usus buntu bukan karena makan biji2an. Tapi karena kuman, yang mengakibatkan infeksi.
* Jika mengakat kaki kanan tidak sakit (salah satu cara mendeteksi), itu tidak berarti bukan usus buntu. Bisa saja akibat peradangan malah rasa sakitnya tidak terasa.
* Dalam taraf ringan, bisa disembuhkan dengan antibiotik. Tapi jika berlarut-larut, harus dengan operasi.
* Operasi usus buntu termasuk operasi kecil.

Yang menarik :
Usus buntu ini adalah organ tubuh yang sampai sekarang belum diketahui fungsinya …

Link terkait:
* RADANG USUS BUNTU
* Usus Buntu, Antara Maut dan Biji Jambu Klutuk

104 Responses

  1. thanks infonya…

  2. Cahyo : Sama-sama

  3. oo.. nama penyakitnya itu RADANG usus buntu tho? kirain usus buntu itu nama device nya?? oo.. :O

  4. eh, salah.. kirain usus buntu itu nama penyakitnya, ternyata nama device nya..

    *manggut-manggut*

  5. pipit, antibiotik untuk menyembuhkn usus buntu namanya apa ?

  6. sama dong dengan saudara saya, mbak
    btw, untuk operasinya bisa dilakukan sehari dan pasien langsung pulang. kena berapa biaya operasinya mbak dan di mana? maaf, sekedar mbandingin.

  7. 5> benny : Tidak tahu. Soalnya waktu itu tidak sempat mengkonsumsi.

    6> Erich : Ayah saya tidak bisa langsung pulang.
    Tapi cepat kok, Hari Sabtu sudah boleh pulang.
    Dilakukan di RS. Imanuel, dan kalau tidak salah, lebih dari 7jt (tergantung kelas kamar sih katanya).

  8. bedain ciri-ciri radang usus buntu dengan maag /gastritis gimana ya?

  9. saya juga pernah mengalami sakit di bagian perut kanan bawah.apakah itu jg termasuk radang apendix?

  10. bagaimana kLo usus buntu itu tidak di operasi….???
    apakah setelah operasi, nyeri pada bekas bedah tak bisa di cegah….?

  11. saya takut dioperasi, apa ada alternatif lain untuk mengobati usus buntu?

  12. mw tanya dnk,qt mw jenguk yg abis operasi radang usus buntu ni. Kira-kira bw apa y?klo buah takut kekerasan,klo roti takut g boleh. baiknya yang sakit dibawain apa y?mksh bwt yg dah jawab.cpt bls gpl

  13. saya kemungkinan penderita radang usus buntu itu kata dokter saya, tapi belum jelas karena saya belum melakukan USG yang saya ingin tanya kan kenapa perut sebelah kanan bawah saya sering sakit klo sudah terasa sakit, rasanya sakit benar ga tertahan, apa itu radang usus buntu?? dan klo iya berikan saya tips tuk mencegahnya.terimakasih

  14. perut sebelah kanan saya terasa sakit,saya pernah periksa kata dokternya cm sakit maag biasa,soalnya gejala-gejalanya seperti sakit maag,apakah itu radang usus buntu juga,soalnya saya belum pernah USG atau Rongen dan kira-kira biayanya berapa??

  15. saya pernah mengalami usus buntu, bedasarkan pengalaman saya memang kalau sakit mag cuman menyerang bagian perut tengah, tapi klau usus buntu menyerang bagian usus kanan bawa

  16. saya takut cek perut sebelah kanan,takut operasi…ada g alternatif lain?
    disamping tu biaya saya g ada untuk operasi

  17. saya tengah divonos dokter radang usus buntu kronis oleh dokter internis. Tapi, oleh dokter obsgyn (atas rujukan dokter internis) saya kena kista ovarium sebesar 1,5 cm. Skrg saya bingung rasa sakit yang saya derita sebenarnya disebabkan salah satu atau keduanya ya…?

  18. maaf, ada yang mau saya tanyakan,,dah beberapa bulan kebelakang perut disebelah kanan saya sering sakit,itu kenapa ya?terima kasih

  19. Sudah bbrp bln ini perut bag. kanan bawah saya terasa skt dan
    yg terparah dlm minggu2 ini, bahkan nyeri terasa sampai di punggung bag. belakang dan maaf sampai selangkangan. Dokter mendiagnosa antara radang usus buntu dan radang panggul. Saya diberi antibiotik tp keluhan blm hilang. Saya bingung sebenarnya penyakit saya yg mana?
    terima kasih.

  20. sekedar sharing, hampir 3 bulan aku mengalami ciri2 seperti sakit maag, tapi dengan segala macam obat pasaran dan suplemen, juga tidak mempan. setelah pergi ke dokter umum, beberapa ada yang bilang aku ndak apa2, ada yang bilang aku emang sakit maag, terakhir aku di suruh ke dokter spesialis saraf setelah masuk ugd. akhirnya aku menyerah juga , 3 hari kemarin chek-up, di situ aku ketemu hampir semua dokter( dokter gigi,tht,bedah dan,saraf), ketahuanya waktu aku di dokter bedah. pas di pijit2 perut bagin kanan bawah, aku pertamanya ndak ngaku kalo pas itu terasa nyeri, akhirnya setelah dokternya berpindah kesebelah perut bagin kiri bawah ,aku baru ngaku kalo di perut kanan bawah rada nyeri, akhirnya di suruh juga aku copot celana, trus colok dubur, dan di pijit ke arah dinding bagian kanan, dan aku merasa nyeri umumnya(normanya) tidak terasa sakit kalo di pijit. so akhinnya aku dapat rujukan untuk tes apendik di radiologi(USG), hari itu juga aku di kasih bubuk barium untuk di minium malam harinya, keesokan harinya eksekusi foto di lakukan, setelah mendapatkan hasil dri usg, aku di suruh balik ke dokter bedah lagi, dan aku positif usus buntu. dan harus di operasi kata dokter, so sekarang mo siap2 operasi. secepatnya kalo bisa sekalian nunggu hasil test medical checkup….

    regards

    kenthon

    • dulu juga saya merasa sakit di perut kanan bawah saya pas saya cek kedokter saya di ponis kena usus buntu akut,akhirnya saya dioperasi pada tanggal 14/08/09 selama 5 hari karna di satu sisi maag saya dah akut jadi penyembuhannya lama.waktu saya dioperasi semua dokter terkejut karna waktu disuntik kebal setengah saya masih terasa akhirnya saya disuntik bius total dan saya tertidur.kata dokter saya sering minum obat antibiotik jadi kekebalan tubuh saya kuat.kalau usus buntu lebih baik dioperasi karna suatu saat pasti akan timbul lagi,sekarang saya dalam penyembuhan waupun masih terasa sakit di pas operasinya.semoga yang belum dioperasi kuat ya ga sakit ko dari pada kita trus-trusan lebih cepat lebih baik dari pada nanti pecah operasinya lebih besar lagi…..

  21. Perut bagian tengah saya memang kadang terasa sakit seperti ditusuk tetapi perut bagian bawah kanan tidak sakit hanya saja bagian kanan tengah (pas dekat sikut jika tangan disejajarkan) apakah rasa sakit itu termasuk gejala usus buntu?

  22. perut bagian bawah kiri saya agak sakit seperti nyeri, apakah itu termasuk gejala usus buntu.

  23. maciH yaH,,kaRna mang pErut ku ni sensitif,,aQu bRfikir usus bUntu,,aLhmdLLh cM maag,,tP jgn mpE daH usus bUntu,,

  24. mba saya kwatir nih istri saya lagi ribut aja perutnya sakit saya takut dia usus buntu makanan apa yang ga boleh dimakan untuk penderita usus buntu????? sebelumnya trima kasih ya mba….

  25. Thank’s a lot infonya.
    Senin besok hasil radiologiku mo tak ambil.
    Gejalanya sama persis spt apa yang digambarkan.
    Yang sakit bkn perut bag bawah kanan tp bag tengah
    Mg aja aku gak sampe kena usus buntu yg parah

  26. saya punya kekasih yang divonis oleh dokter pertama katanya tifes, tapi pada waktu diperiksa kesingapore dokter yang kedua bilang “bahwa kekasih saya menglalami tifes n usus buntu” n dokternya bilang nyuruh kekasih saya untuk dioperasi, tapi kekasih saya belum mau untuk operasi, karena dia takut ketinggalan mata pelajaran kuliah yang sebentar lagi akan mulai ujian semester. gejalanya hampir sama dengan gejala usus buntu. tapi yang saya tanyakan adalah kalau seandainya penyakitnya tidak langsung ditangani apakah akan sangat membahayakan dirinya? rencana kami awal bualan 2/2008 akan periksa kembali kesingapore n untuk melakukan operasi, karena akhir bulan ini n awal januari nanti dia sibuk untuk mempersiapkan ujian semester serta selepas ujian bulan januari dia disibukkan untuk ikut PKL oleh kampus. jadi kami bingung, disisi yang satu kami ingin kekasih saya sembuh n disisi yang lain kekasih saya ingin cepat selesai dalam kuliahnya. TOLONG DONG…. BAGI YANG TAHU, BANTU KAMI UNTUK MEBERIKAN TIPS N KASIH SARAN. THANKS. Saya tunggu.

  27. makasih y buat infonya..

  28. Waduh, maaf, teman2 yang menanyakan soal konsultan medis, sebaiknya cari pendapat dari rekan yang memang ahli medis.

    Salah-salah nanti bisa berabe.

    Biasanya sih salah satu cara mendeteksi adalah dengan USG. Jadi, mirip seperti ibu hamil yang dilihat kondisi bayinya, nanti akan dilihat isi perut kita. Salah satunya keadaan usus kita. Apakah memang ada radang atau tidak.

    Kalau memang terbukti radang, dan sudah akut, mungkin lebih baik dioperasi saja.

  29. Suami saya tgl 28 Dec kmrn operasi usus buntu karena perut bag kanan bawah sakit dan dktr menyarankan dia test appendixcogramm dan hasilnya +usus buntu. tapi setelah 5 hari kemudian, demam dia tinggi dan sampai sekarang ga tau knp bisa demam. kmrn ke dokter, kata dokternya ini ga ada hubungannya denga operasi. jadi bingung deh. memangnya setelah operasi 5 hr kmdn biasa demam ya? atau ada penyakit lain ya? rasanya seperti maagnya ditusuk2. tolong pengalamannya yg pernah operasi dong? please………

  30. Thanks infonya. Btw, kalau sakit perut di bagian kiri bawah perut, usus buntu bukan?

  31. hati-hati lho…. kalau sakkitnya bawah perut belum tentu usus buntu… tetapi akibat ulah barang yg mirip usus tapi buntu, kenyal, keras, dan bisa bikin puas…

  32. gw cuma minta doanya aja nih tman2 adik perempuan saya hamil 5 bln,skr lg dirumah sakit menunggu tes darah ,sdangkan qw jauh di pulau seberang,…

  33. Halo…mau bagi info saja. Pengobatan terpilih untuk usus buntu hanyalah operasi. Bukan obat! Pemberian obat-obatan spt antibiotika bertujuan hanya untuk mencegah komplikasi lebih lanjut atau hanya dalam persiapan menuju operasi. Saya pernah bertanya kepada teman saya yang kebetulan seorang dr. bedah. Banyak kasus usus buntu yang datang sudah pecah karena sudah makan antibiotika tanpa indikasi jelas dan tidak mau dioperasi. Semoga info ini membantu…

  34. Mohon segera ditanggapi, Nuwun. Tanggal 11 April 2007 perut sebelah kanan bawah terasa sakit, saya masuk rumah sakit. Ada dugaan kalo ngak ginjal ya usus buntu. Tapi setelah di USG ternyata dokter tidak menemukan kelainan baik Ginjal, Usus buntu, liver, lambung semuanya dalam keadaan baik. Bahkan sudah dirongsen. Tapi sampai sekarang sudah 1 tahun ini perut kanan bawah masih terasa nyeri? Hal itu terjadi bila saya capek, stres, telat makan, sudah aku coba minum kunir tapi malah tambah nyeri?
    Saya jadi binggung perut saya bagian kanan bawah masih terasa nyeri bahkan kaya ada yang nganjal. Terimakasih atas tanggapannya. Apa solusinya.?

  35. wah, makasih ya infonya.. sebenernya saya mengalami semua gejala2 yang ditulis di atas. tapi ga sampe muntah2 (atau belum mungkin) memang pertama2 nya diare, perut kembung, lalu menjalar ke perut kanan bawah. bahkan sakitnya sampe ke blakang (daerah pinggang kanan ke arah punggung). sebenernya saya pernha disuru operasi, tapi saya memilih untuk mengambil pengobatan alternatif (pijit refleksi). setelah beberapa lama, saya dinyatakan sembuh. tapi 2 tahun kemudian (sekarang ini), sakit yang sama terulang kembali. bahkan lebih parah. sebaiknya apa saya operasi saja atau memakai jasa pijat refleksi lagi? operasi membutuhkan biaya yang mahal, sedangkan pijat refleksi masih bisa terjangkau..

  36. Jaman dulu memang usus buntu dianggap “organ sisa”, tapi sudah ada publikasi yang menyatakan kalo usus buntu itu berguna. Usus buntu adalah salah satu organ limfatik, fungsinya untuk pertahanan tubuh dari serangan infeksi. Banyak yang meyarankan operasi karena jika sudah parah, perkembangan kerusakannya cepat sekali, jadi dikhawatirkan akan terjadi infeksi yang mematikan. Tapi saya pernah baca ada yang sukses mengobati radang usus buntu dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Penyebab usus buntu menjadi radang dan terinfeksi kan karena kotoran-kotoran yang mampet di usus. Kotoran mampet itu disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat (terlalu banyak makan makanan berlemak, dan protein hewani tanpa menyeimbangkannya dengan makan sayuran dan buah yang cukup)

  37. Udah 2 minggu lebih perut kanan bagian bawah aku panas banget bukan sakit, klaw abìs makan panasnya kadang naik keatas sampai hati
    Apa ini gejala usus buntu?

  38. sering sakit perut… tapi kayaknya bukan usus buntu karena sakitnya kalo lagi laper he he :-)

  39. Buat yang ingin mencoba pengobatan alternatif dengan terapi pijat dan diagnosa holistik modern ataupun iridologi sehingga jelas sumber gangguannya, bisa datang ke tempat kami.

    Jl. Lengkong Besar 64 G
    Bandung

    Mohon membuat janji terlebih dahulu, melalui : 423 9698.

    Semoga bisa membantu mengtasi problem kesehatan Anda.

    http://www.refleksi.net

  40. thanx bged infonya . .
    usus buntu bsa myerang semua usia y?

  41. Wah-wah… mampir di blog siapa ini? eh, bagus blognya, banyak hal yang bisa saya dapatkan di sini.
    salam kenal aja tuk pemilik blog ini dan tak lupa tuk seluruh komentator… makasih ya…

  42. perutku sakit sekali.kadang di kanan,kadang pindah ke kiri.kepalaku jg kadang skt.dan terasa mual2.
    emosiku ga stabil.tubuh capek bgt,sering ngantuk..
    apakah gejala yg aku alami ini adalah usus buntu?
    terima kasih

  43. sekedar berbagi informasi usus buntu selain dgn cara operasi pengobatannya dpt juga dgn cara alternatif yakni menggunakan metode terapi tenaga dalam yang tidak mempunyai efek sampingan, dan insya ALLAH,, efektip

  44. sekedar berbagi informasi usus buntu selain dgn cara operasi pengobatannya dpt juga dgn cara alternatif yakni menggunakan metode terapi tenaga dalam yang tidak mempunyai efek sampingan, dan insya ALLAH,, efektip

    mawarputih93@yahoo.com

  45. khawatir…

  46. apa usu buntu bisa bikin mati?

  47. menurut sumber2yg kasih informasi ke w….fungsi usus buntu adalah sebagai kekebalan tubuh, namun secara normal usus buntu bukan satu-satunya organ kekebalan tubuh, yang paling penting usus buntu berperan sebagai pengganti kandung kemih yang terkena penyakit……sedangkan penyakitnya memang benar appendixsitis, dan kalo udah terserrang penyakit itu harus segera dioperasi kalo engga usus buntu yang banyak nanah itu akan pecah kemudian kumannya tersebar ke rongga perut…..kalo pengen tau lebih banyak tanya aja pakar-pakar kesehatan!!!!!!

  48. Thanks atas semua infonya.
    Kebetulan saat ini gw punya tmn yang sedang ngalamin Apendisitis,mungkin jawaban dari pertanyaan gw ini akan sedikit membantu tmn gw.yang ingin gw tanyain makanan apa saja yang sebaiknya harus dihindari perderita Apendisitis terus benarkah buah-buahan tidah boleh dikonsumsi penderita apendisitis.itu aja pertanyaan gw n mohon bantuannya.thanks be 4

  49. Mungkin ada yang tau, saya merasa nyeri pada perut bagian pinggang kanan saya kadang-kadang kebagian belakang, kadang-kadang kebagian depan, kalau gejala seperti ini kenapa ya ?

  50. awal nya q ngerasa perut q tuh perih selayaknya orang yang kena maag…lama kelamaan sakitnya makin sering…dan bdan+pinggul mrsa pnas….q bner2 gk bisa nahan rasa skit tu…….saat q prksa ke dkter..dokter blang q dah kena usus buntu yg sangat kronis..dan hrus sgra di operasi!!!!apakah usus buntu yang sdah kronis bisa dsmbuhkan tanpa operasi????!!!!

  51. sekarang saya ngerasain sakit di bawah perut sebelah kanan, kaki saya yang kanan juga rada ngilu,merasa panas jg,kalau makan juga terasa mual,apakah saya kena penyakit usus buntu ya?

  52. makasih ya buat infonya :)

  53. makasih buat infonya.aq ngerti apendisitis

  54. tanya deh,

    saya suatu malam pernah ada gejala2 radang usus buntu. Perut sblh kanan sakit n demam. Tapi bsk2nya sudah nga apa2.
    Itu knapa ya? Sama nga ya kira2? Apa perlu di cek dokter lebih lanjut?

    thx

  55. Saya sarankan sebelum menikah cek dulu bila ada sakit perut bagian kanan bawah. Setau saya pengecekan menggunakan cairan yg diminum. 8 jam kemudian dicek dgn rontgen, sampai di mana cairan tsb bisa mengalir (filling/non filling). Takutnya waktu hamil tua, udah radang usus buntu malah kepencet dgn bayi yang di perut.

  56. Suwer tekewer-kewer, aku jd makin stress & sakit di perutku ( kanan bawah) makin menjadi-jadi saat ini juga. Dari tadi aq baca itu semua dari yg taon 2006 atas ampe 2009 bawah.
    Dari pagi jam 8 hari ini, aku udah keliling di internet, cari tau soal usus buntu ampe ke gambar2xnya. termasuk situs kedokteran. Maklum, rasa sakit dgn gejala seperti itu udh -/+ 2 bulan ini ak alamin. Sebelum mampir ke Blog ini, dari hasil aku keluyuran cr info, aku udh merasa 50-60% kyknya aku kena usus buntu deh. tinggal nanti di pastikan lewat USG atau CT Scan aja. sbab ak bc artikel yg menyatakan bahwa utk melihat appendix secara jelas, USG keakuratannya 71-97%. Sedangkan CT Scan 93-98%.
    ak ga tau persentase itu bener apa kagak. tp klo dipkir pk logika sih emang bener.

  57. ak jg dpt info bhwa dalam kondisi dini, usus buntu masih bisa di tangani dgn pemberian anti biotik dgn dosis tepat, mengatur pola makan & hidup. Jgn mkn mknan yg sulit/susah/LAMA di cerna, utk menghindari penumpukan sisa makanan/fases/tinja didlm usus terlalu lama. Makanan (sangat) berbumbu , pedas , asam & mengandung gas dihindari, ter-msk soda. Kita hrs ingat & sadar bhw Usus kita sedang : Meradang, Bengkak, Infeksi, bahkan Luka,atau Bernanah!. Makanlah makanan yg berkuah bening/berbumbu ringan. Tentu saja buang air besar harus lancar dgn periode yg benar. mis, sehari 2 kali. dgn begitu tentu meminimalkan penambahan/timbulnya bakteri baru. Cuma sayangnya, bila tdk di tangani dgn cara operasi, walaupun sembuh masih bisa kambuh dgn persentase kekambuhan 35%. tapi klo tetap menjaga pola mkn & hdp yg baik, secara logika persentase kekambuhan tentunya akan semakin kecil. Ingat gak waktu kita kecil diteriaki oleh org tua kita?, “Habis makan jgn tiduran ! entar usus buntu loh!!”. Masuk Akal Tuh.

  58. Oh, iya hampir lupa ngucapin Terima kasih sama Pipit, yg punya Blog. Makasih banget ya.

  59. wah,
    informasi penting nih,
    nuhun ah,

  60. Nyeri di bagian perut hanya memiliki 2 kemungkina : klo g pencernaan y perkemihan
    1. Pencernaan
    -mag
    -radang usus buntu
    -infeksi usus akibat luka
    -diare
    -keracunan makanan/minuman
    -dLL
    2. Perkemihan
    -gangguan gangguan ginjal c/ : batu ginjal, bt asam usat, bt kemih, kencing batu, skt gnjal dsbabkan alkohol, sampai penderita gagal ginjal dll
    hal lain yg menyebabkan sakit perut adalah adanya kista / sel kanker..
    Harap hati hati

  61. Ciri ciri skt dbagian usus kan udah di bahas sama mbak pipit, nah skarang w mo bahas skt ginjal khususnya batu ginjal

    Proses pmbntukan bt pada ginjal dsbut jg proses UROLITIASIS
    gejala yg tmpak :
    -sakit perut bag bawah baik kiri atau kanan
    -mual bahkan muntah
    -trasa sakit hingga pinggang
    -kencing trasa panas bahkan mengandung darah atau malah mengalami gangguan kencing.

    Rasa skt tak tertahankan di akibatkan bergesernya batu sehingga melukai organ d skelilingnya..

    Pengecekan yg mudah dpt dlakukan dngn mengetuk pinggang kiri dan kanan

    makanan dan minuman yg hrs dihindari : yg mengandung tinggi kalsium(bt kalsium) jeroan, emping (bt asam urat) dan klo minum jgn yg aneh aneh mendingan air putih alami aja oke?

    Proses pendeteksian hingga pengobatan : cek ke dokter sp. Penyakit dalam-dapat rujukan USG led(ultrasonography) GINJAL-stlah dnyatakan positif anda diminta Photo IVP/kontras untuk mengukur besar batu-tindakan preventif

    TINDAKAN PREVENTIFnya berupa : tindakan operasi, melalui obat, inject , ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lhitotripsy)

    Pengobatan :
    1. Obat
    hny bekerja pada batu berukuran kecil : batugin elixir, nephrolit, natrium selulosa fosfat(resep dokter)
    dsertai antibiotik thiampenicol(resep dokter) dan obat pereda nyeri anastan forte menefamic acid 500mg(resep dokter)
    herbal : keji beling, kumis kucing, tempuyung, meniran, puntren, dll
    disarankan minum air putih paling minimal 2 lt (8 gelas)per hari
    diet kalsium, stop jeroan, jgn brlbihan konsumsi buah dan sayur,
    banyak konsumsi kalium (K) Bukan kalsium (Ca)

    mo info lagi?
    Send comment via email atau friendster : p.yeum@yahoo.co.id atau my_immortal@pvj.com

  62. sob ak ud setengah thn lbh skt perut kanan bwh,uda periksa ke dktr spesialis pnykt dlm, ktnya ga knp2 cm krg olahraga, trus ak usg ke dktr kandungan, ktny rahim gpp cm mgkn gejala usus buntu, cm kog bs selama itu ya..gmana ni

  63. thakns infonya..moga saya tidak terkena penyakit ini :-) amin ya Rabb

  64. aq baru aj dr dokter… udah 1 bln ne aq ngerasa sakit di daerah perut kanan bwah gt.. trus skitnya smpe k pinggang,, waktu perutku di pencet sm dokternya, gak ad tersa skit… trus kakiku jg di naikin, di tekukin,, jg g tersa skit…tp stelah plg, aq ngerasa skit lg.. aq jd bingung?????? sbnarnya aq skit ap seh????? pdhal aq udh 2x berobat… jd brobat yg k 3 ni aq mw tes lab aj,,, krn di periksa td g tersa ap2, dokternya blg g prlu tes drah… jd stressss mikirinnya… 2 hr yg lalu aq k alternatif bedah ayam,, kt bpknya, 1 gnjal ku udah g bgus lg… trus aq di kasi ramuan obatnya gt… alhamdulillah seh skrg aq g ngrsa skt pgang lg,, tp prut ku msh skt… jd bingung deh…. klu mw cek melalui USG, qt k Dokter mn bgusny y? tlg sarannya dunk… makasi sebelumnya ya…

    • Mba Riska, alternatif bedah ayam itu di daerah mana ya?
      karena papa saya juga sakit ginjal dan kata temennya yg pernah nyobain pake alternatif bedah ayam sembuh.
      makanya saya mau coba juga.
      terimakasih atas infonya.

  65. hmm… aq jga pernah tu ngalamin kayak gtu.. mual2 truz sakit d perut bagian kanan bawah dan setelah d usg ternyata gejala apendiks..
    dokter ngasi antibiotik dan nyaranin wat operasi..
    tapi tidakkkz,, ak tak mau operasi..
    setaun tlah berlalu sampe skrng ak lom operasi tapi terkadang rasa nyeri itu timbul lagi..
    bagaimana nyembuhinnya tanpa operasi??

  66. Knpa yah klo q abs makan,makanan yg asem,pedes perut d’sebelah kiri bwh ska sakit?

  67. q bru 2 hr ngrasain gjl itu, 1 mag, sk mual tp gk muntah, susah buang air bsr pdhl dh mnm air bnyk + vegeta, trus prut bagian kanan bwh sk nyeri tpt nya di sblh knan puser kyk da semut bnyk, tp bwt lari gk skt, kaki kanan diangkat jg gk skt, yg gw curiga, 2 hr lalu w bis mkn rica2 sapi pedes bgd, . apkh gw trmsk radang usus buntu ? kira2 bsa di cegah gk biar gk positif usus buntu? plis bgd blz ya comment nya kk pipit, plizz bgd

  68. perut g ga sakit, jalan n angkat kaki kanan juga ga sakit. nafsu makan ok.
    agak sembelit, tp g pikir itu karena g makan lbh sedikit dr biasa nya (diet) n kurang serat kali ya. soal nya kadang2 aj sembelitnya , trus besok nya ok lancar lagi. Perut jg rada bengkak, mungkin krn ga olah raga?
    yg jadi masalah, perasaan kok perut kanan bawah ada pengerasan ya.. ga sakit tp bikin watir. kayaknya kalo abis bab ilang. tp trus datang lagi. kadang jg pindah benjolannya ke kiri, tp sering nya di kanan.
    Oya, g prasaan rada beser, bolak balik ke aer buang aer kecil. MInum kebanyakan ato kedinginin kali ya..
    G sakit apa dong??? help….. g takut banget

  69. Dua hari yll aq d operasi usus buntu karna sudah setengah pecah.Dan nanahnya mengotori seluruh perut dan menyebbkn diare.Operasinya cm sbntr kok.Stlh d operasi g sakit lg.Cm maagh nya msh ad.Untk mengetahu ad atw g infeksi usus harus d rontgen dlu.Sblm nya d suruh minum cairan putih seperti pasta gi2 biar g salah diagnosis.

  70. HERBAL USUS BUNTU :

    Saya punya saudara yg di vonis dokter usus buntu…, kemudian oleh bude beberapa kali diminumkan rebusan SANTAN KELAPA + 7 LEMBAR DAUN KENCUR…..Alhamdulillah bisa sembuh….mudah-mudahan bermanfaat.

  71. y Allah mudah2n aku tidak terkena apa yg di nmakan apendiks ato usus buntu. Hampir 3thn yg lalu ayahku meninggl krna usus buntu..1bln di rumh sakit smpi operasi 2x krna penyakit itu..operasi pertma saya sbgai anak tdk thu/awam akn hal itu..tpi stlh operasi pertma jangka wktu 2/3 hri saya lupa..tiba ayah saya menddak jahitan operasinya terbuka smpi ibu saya wktu itu tdak than n menangis meliht usus ayah saya yg keluar..(alhamdulillah ibu aku mudah2n trmsuk ibu/wanita yg dicintai Allah swt) saat melihat kjadian ayah itu ibuku sbenrnya g kuat ingin menangis..tpi ibu menutupi hal itu dg sdkit tetsan air mata yg mencoba membrikn smgat utk brjuang berthan hidup..stelh ibuku meliht usus yg keluar itu ibuku di tanya sm ayahku apa itu yg keluar? ibuku mengucpkn kta2 yg berat utk diucpkn..ibuku akhirnya tak tahan lgsg berlari menemui dokter..dan lgsg saat itu akhirnya dilakukan operasi ulang..kta dokternya ada yg belum tertutup..sbgai anak aku mendengr hal itu aku ingin MARAH ats kejadian operasi yg per1..mgkin krna tergesa2 ato krna kurangnya memperhatikn keselamtn nyawa dri pasien dokter itu! tidak smpi 1hri pasca operasi wktu itu malam dini hari wktu itu skitr jam 1-2 dini hari ayahku menghembuskn nafas terakhirnya. Semangatku lgsg menurun..suasana dikeluargaku terasa sunyi di tinggl ayahku tercinta. Aset pkerjaan yg di jalaninya slma hampi 25thn ato skitr 22~25thn di kuasai oleh orang yg tidak bermoral dan biadap pdhal msih keluarga sdri..dg alsan tdk ingin mgjak perwkiln dri penerus ayahku krna mrsa tidak mau disusahin atau tidak mau mengjarknnya.. skrg aku mrsakn keadaan yg aneh di perutku kanan bawah..rasa ini terkdang ada trkdg tidak..terasa agak perih di perutku kanan bawah.. Persediaan danapun tidak ada utk periksa jdi aku menahannya krna aku tidak mau hal ini diketahui ibuku yg jg sdg sakit hbis operasi batu ginjal skitr 5bln yg lalu.. rasaku tidak aku rasakan krna aku ingin sllu memberi semangt utk 1satunya org tuaku yg msih diberikan umur oleh Allah swt..aku terus mensupport ibuku tercinta. Tlg berbagi info pengobatannya akan hal ini kepadaku..smga Tuhan yg membalas smua amal kebaiknmu ini. sultan_ciran@yahoo.com Terimakasih.

  72. Thanks banget atas info di atas~~~Sekarang yang pingin aq tanyakan ke mbak~~~apa sih pencegah usus buntu? dan bagai mana mengatasinya klo sudah terjadi radang usus buntu ? Soalnya ibuku menderita penyakit itu dan aq bingung apa yg harus aq lakukan, sementara ibuku sulit di suruh ke dokter~~~~buat mbak tolong dong kasih sarannya

  73. terima kasih banyak ya mbak

  74. Aq dah 2 bln ini sering merasa skt perut sebelah kanan bawah. Konsul ke dokter katanya harus cek darah. Udah cek tapi baik-baik aja. Observasi 1 bln. Selama 1 bln itu sering bgt sakit. waktu konsul lg katanya aq hrs ke dokter bedah bwt konsul. Nah aku mw tanya sebaiknya ke dokter apa ya aku harus konsul karna aku takut kalo usus buntu

  75. kalo udah di operasi usus buntu .
    apa bisa ngerasa sakit lagi kayak usus buntu ?
    saya ngerasa sakit sama persisi sesudah d operasi .
    apa penyebabnya iah ?

  76. yang mau tahu fungsi penting usus buntu, hubungi saya.
    Serius!

  77. skrng saya lg kena pnykit d’bwah prut saya sakit qlo jalan jg aga membungkuk karna sakit tp qlo saya duduk jg sakit kaya d’tusuk apakh itu gejala penyakit usus buntu. .

  78. Ass, memang membingungkan antara ginjal dan radang usus buntu. Ketika saya berumur 5 thn ginjal sy pernah infeksi,badan saya sampai bengkak dan sakit klo tersentuh. Alhamdulillah tidak usah nginep di rumah sakit…hanya rawat jalan . Saya tidak ingat berapa lama sy berobat,yg ingat adalah..harus periksa air seni ,darah dan jg rongent…tersiksa banget setiap 3 hari dlm seminggu saya harus mengalaminya. Setelah dewasa (tamat SMA) sy alergi obat, salah satu dokter bilang akibat ginjal nya sedikit tidak berfungsi (?)obat apapun yg ada kandungan kimia.
    Kemudian selama 3 thn perut sebelah kanan saya sakit,sampai tembus pinggang, sy fikir itu ginjal dan saya biarkan saja sampai saya merasa sakit klo buang air kecil selama 3 minggu,puncaknya saya tidak bisa bangun sama sekali..bergerak sedikit sakit…salah seorang teman saya ngasih air rebusan cacing 2 botol besar untuk 2 hari,harus habis….setelah itu saya bisa jalan kembali. tapi rasa sakit itu suka datang tiba2..jalan sampai bongkok saking sakitnya. Saya fikir peranakan sy turun…dan saya diamkan…3 thn berselang rasa sakit itu makin menjadi…selama 2 bulan saya tertatih tatih dan merasa tidak kuat lagi menahan sakit. maka sy ke dokter untuk periksa dan ternyata peradangan usus buntu,sy tanya apa ada alternatif selain di oprasi,ya minum obat..tp saya alergi maka sy putuskan untuk di operasi saja. Operasi itu makan waktu 1 jam…karena ternyata si usus buntu nya telah menempel ke usus yg lain….dan sidak pun terjadi antara dipotong sebagia usus ato di kikis saja,dokter memutuskan untuk nengikis..Operasi berhasil dan saya pun keluar dr ruangan operasi dengan alergi tentunya..setelah 3 hari saya pulang… setelah 1 mgg perut saya seperti hamil 6 bulan,dan memang saya tidak mengkonsumsi obat dr dokter karena alergi obat , sy minum obat cina 3 dus,kontrol ke dokter katanya bagus,1 mggu kmdn sy infeksi terus selama 1 bulan di 3 tempat. sakitnya lebih dr mau di operasi. Dan saya akhirnya minum antibiotik dan tahan rasa sakit..walaupun harus alergi jg.
    Tp rasa sakit tu tetap ada…saya bisa membedakan sakit sesudah operasi (penyembuhan) dan sakit yg lain…ini seperti sakit pertama kali tembus sampai pinggang lagi… sudah hampir 1,5 thn…di periksa di USG tidak ada apa2….mungkin diantara pembaca ada yg mengalami gejala yg sama dan bagaimana cara mengatasinya???maaf pernyataan saya panjang sekali,terima kasih…wass

  79. hari ini anakku yang kedua “amirah” berumur 8 tahun di vonis usus buntu dan disarankan dokter untuk operasi,sedih sekali mendengarnya. anak sekecil ini harus dioperasi. bingung juga ambil keputusan”operasi atau pengobatan alternatif”?

  80. thank’s info nya

  81. Thanks tuk infonya

  82. berapa ya biaya operasi usus buntu…?

  83. sebulan yg lalu aq juga sakit perut sebelah kanan bawah .. dipake membungkung sakit.. miring gerak dikit sakit.. aku jd btakut klo usus buntu .. akhirnya aq nekat coba minum herbal afiafit.. eeeh dua hari kemudian sakitnya hilang.. entah karena masuk angin atau apa.. yg jelas sampe sekarang udah ga pernah nyeri lagi.. dan walaupun udh ga sakit aq tetep minum itu herbal .. siapa tau ada manfaat yg lain.. (memperbaiki)

  84. saia bbrapa hr yg lalu bru saja menjalani operasi usus buntu. ususny it udah bwarna merah,kalau trus dbiarkan akan pch kta dkterny
    untg sgra d oprasi-krna dkterny masi keluarga-kalau tdk mgkin makin parah.
    tp yg sya keluhkan skrg ni adalah rasa perih bkas jahitan operasi.. krna kalo duduk ato bgerak trasa perih. kira2 brapa lma y proses pnymbuhan bkas oprasi ni? lma ga y kira2? Krna saia dlarang balik ke kos2an.pdhal jadwal pkuliahan sdah mw mulai..
    Thanx b4

    • Nina,
      Listen to your body hehe
      saya sudah hampir 3 thn,tp masih kerasa jg karena kasus sy ususbuntu nya nempel ke usus yg lain,jd di sisit ma dokternya ,dan op nya lama 1 jam,trus infeksi,3x,dibedel lagi deh…kamu masih muda pertumbuhan nya juga cepet,ga kaya saya,tp jngn ngangkat yg berat2 ya,kecapean juga suka sakit,get better soon

  85. makasih bang infonya..

  86. mencegah lebih baik dari pada mengobati, minumlah jus manggis setiap hari agar terbebas dari penyakit ini. trims

  87. ikhhh…seremmm banget…

  88. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,stroke,aids,asma,maag,ambeyen,usus buntu,mioma,kanker,diabetes,hipertensi,leukimia dsb secara alami,tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 dan 08121033414

  89. Ini salah satu penyakit yang saya takuti – Usus Buntu. Soalnya datangnya tanpa diduga ya..
    Makasih infonya sudah membantu saya agar lebih hati-hati lagi.. Saya takut membayangkan kalau harus operasi-operasi segala..

  90. saya sakit perut,d bagian sebelah kanan,tapi setelah mengikuti saran d internet bukan gejala usus buntu mohon saran nya

    • Hadi yth,
      saya kira jangan ngikutin saran yg di internet aja,alangkah lebih baik nya klo Anda periksa ke dokter,gejala yg saya alami dulu,curiganya ginjal tapi malah usus buntu

  91. makasih infonya bermanfaat..

  92. terimakasih banyak atas informasinya gan

  93. yayaya..saiia juga divonis UsBun,,disaranin Dokter utk Operasi… tapi saiia gag mau CZ selain takut dioperasi, biaya juga mahal….solusi selain operasi apa ya????

  94. Sakit perut sebelah kanan atas bila sakit menjalar sampai kebagian pinggang tp bila kaki kanan sy angkat keatas nyeri itu hilang n terima kasih ats penjelasannya

  95. Untuk pengobatan herbal ada nggak ya??
    terimakasih

  96. dok saya pengen tanya saya abis pasca op usus buntu sudah 1bln lebih apakah saya boleh bermain skateboard atau tidak mohon penjelasan nya donk please ..

  97. bisakah usus buntu disembuhkan tanpa operasi,,,
    tolong masukannya, terimakasih,,,

  98. saya pria umur 40 th.gejala penyakit saya,perut bagian bawah pusar sakit dan kembung dan menjalar kebuah zakar kanan(sampai bengkak)kencing dan bab normal.saya mlnum obat asam mefenamat dan ciproloxacin tapi belum ada perubahan.penyakit apakah yang saya derira?

    • Saya pria berumur 30 tahun..saya juga merasa perut saya bagian bawah sakit dan terasa panas dan kembung seperti bnyak udaranya, bab kadang mencret kadang sakit bisa berpindah2 ke kiri dan kekanan kadang juga gak terasa sakit kenapa ya? Ada yg tau gak penyakit apa itu saya alami udah 1 bulan ini. Udah perikas ke dokter tidak ada gejala apapun hnya di kasih obat2an kimia tapi tak kunjung juga sembuh.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

