Bagaimana Kelanjutan Domain *.id ?

Apa yang terjadi jika Anda punya alamat rumah/flat (ruang pada sebuah apartement), namun tiba-tiba alamat rumah/flat Anda tersebut diserahkan pengaturannya kepada pihak lain?

Hal yang sama sedang terjadi pada domain2 *.id.
Sampai sekarang serah terima pengelolaan masih tertunda, dari Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) ke Perhimpunan Nama Domain Indonesia (Pandi)

Bisa jadi ada kebijaksanaan baru atau tidak ada perubahan sama sekali.

Biasanya sih, rekan kita yang satu ini yang paling tanggap tentang masalah domain.

Yang patus dicatat bahwa ini adalah penundaan yang kesekian kalinya.

Sayang sekali, rasanya belum ada info siapa dan apa Pandi ini. Bahkan hasil googling pun tidak menemukannya. (kesepakatan tidak resmi, kalau google tidak berhasil menemukannya, berarti tidak ada🙂 ). Yang didapat malah postingan yang mempertanyakan siapa dan apa itu Pandi.

Tentunya sebagai pengguna alamat yang telah terlanjur digunakan untuk berkorespondensi, sangat ingin mengetahui bagaimana kelanjutan penggunaannya.
Terlebih jika itu telah menjadi sesuatu yang sangat berharga. Bayangkan cape-cape ikutan lomba ngadutraffic2007, eh malah domainnya (harus) berubah.

Lebih menarik lagi kutipan ini :

Pandi menurut Teddy akan melangsungkan konsultasi publik untuk mencari masukan tentang pengelolaan nama domain. “Begitu rampung, nanti akan dilakukan uji publik. Kita akan sampaikan pada publik, barangkali ada umpan balik. Dari situ kita akan buat keputusan untuk diimplementasikan,” paparnya.

Apakah ini berarti penundaan serah terima akan mulur lagi?
Apakah sistem “pengelolaan” ini bisa terselesaikan dalam waktu 1 bulan?

Semoga saja, semakin cepat proses tersebut dapat terselesaikan, sehingga membuat para pengguna tenang.

Tapi ada untungnya lho, pendaftaran domain *.id, masih gratis lho, diperpanjang sampai 1 Juni 2007 (atau seterusnya mungkin, kalau masih belum rampung).

Sumber berita : detikinet.

PS : Kalau ada rekan2 yang terlibat di Pandi, beri informasi lebih lanjut ya…

27 Responses

  1. Halahhh endonesia

  2. Pandi itu siapa ya?
    Pandi Koming?

  3. harusnya pandi lebih mensosialisasikan dulu ke masyarakat lewat media internet tentunya.😀

  4. malah ruwet ah…

  5. halo salam kenal, mampir dunk ke blog saya http://bali4u.wordpress.com , baru belajar ngeblog , ditunggu commentnya thanks.

  6. apanya yang ruet###

  7. denger-denger udah ada turun tuh tarip sewanya…. terhitung per 1 juli kemarin deh kalo ga salah inget

  8. Gue dah dua bulan bayar baru kemarin dapet bukti pembayaran, itupun karena aku kirim email berkali2 dan bukti pembayaran tu juga via email.Cepe’ dech….

  9. Nice Site!

  10. aduh itu ada comment kang Bebek Alm😦

    iyah emang terlanjur sih sayah juga

  11. wah, malah saya juga sudah menerima email kalo domain .web.id yang pernah saya daftarkan gratis dulu skrg sudah mau expiry, harus diperpanjang tuh, 75.000

  12. Saya pingin bikin websait, coba anda tunjukkan kepada saya bagaimana langkahnya, dan berapa biaya yang dibutuhkan serta di mana kami harus membayarnya. terimakasih… salam …

  13. Beneran..serius… saya pingin bikin web. bagi yang ngreti caranya mbok saya dikasih tahu.., bener.. tenan…, jika anda tak keberatan, anda boleh dolan ke tempat kami… atau kirim email tentang langkah pembuatan web komplit sak endok-endoke.. email anda bisa kirimkan pada kami : batik_wukirsari@yahoo.co.id

  14. sangat disesalkan….
    merugikan….
    padahal kita dah bayar perpanjangan … kok daftar ulang di perpanjgn lagi dan lagii….. sampe kpan ni…..siapa sih mas pandi
    こんにちはお元気ですか?私の名前はirvan …日本の話をしていただけます

  15. salam kenal! From http://pcmavrc.wordpress.com

  16. ya gitu dech …pokoknya swasta is the best tul gak sih

  17. Yah, gimanapun juga akhirnya kita emang harus terima, mau gimana lagi…hik…hik…akhirnya domain .id haris bayar

  18. Nice Post.. Thank for you information.. keep posting my friend’s… 10:17

  19. thaks tas infonyaaa

  20. Ok terima kasaih sudah berbagi informasi,salam kenal

  21. Nice info gan🙂, Keep good work🙂

  22. bos yg butuh rental mobil dan antar jemput bandara makassar silahkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: