Bagaimana Kelanjutan Domain *.id ?

Apa yang terjadi jika Anda punya alamat rumah/flat (ruang pada sebuah apartement), namun tiba-tiba alamat rumah/flat Anda tersebut diserahkan pengaturannya kepada pihak lain?

Hal yang sama sedang terjadi pada domain2 *.id.
Sampai sekarang serah terima pengelolaan masih tertunda, dari Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) ke Perhimpunan Nama Domain Indonesia (Pandi)

Bisa jadi ada kebijaksanaan baru atau tidak ada perubahan sama sekali.

Biasanya sih, rekan kita yang satu ini yang paling tanggap tentang masalah domain.

Yang patus dicatat bahwa ini adalah penundaan yang kesekian kalinya.

Sayang sekali, rasanya belum ada info siapa dan apa Pandi ini. Bahkan hasil googling pun tidak menemukannya. (kesepakatan tidak resmi, kalau google tidak berhasil menemukannya, berarti tidak ada πŸ™‚ ). Yang didapat malah postingan yang mempertanyakan siapa dan apa itu Pandi.

Tentunya sebagai pengguna alamat yang telah terlanjur digunakan untuk berkorespondensi, sangat ingin mengetahui bagaimana kelanjutan penggunaannya.
Terlebih jika itu telah menjadi sesuatu yang sangat berharga. Bayangkan cape-cape ikutan lomba ngadutraffic2007, eh malah domainnya (harus) berubah.

Lebih menarik lagi kutipan ini :

Pandi menurut Teddy akan melangsungkan konsultasi publik untuk mencari masukan tentang pengelolaan nama domain. “Begitu rampung, nanti akan dilakukan uji publik. Kita akan sampaikan pada publik, barangkali ada umpan balik. Dari situ kita akan buat keputusan untuk diimplementasikan,” paparnya.

Apakah ini berarti penundaan serah terima akan mulur lagi?
Apakah sistem “pengelolaan” ini bisa terselesaikan dalam waktu 1 bulan?

Semoga saja, semakin cepat proses tersebut dapat terselesaikan, sehingga membuat para pengguna tenang.

Tapi ada untungnya lho, pendaftaran domain *.id, masih gratis lho, diperpanjang sampai 1 Juni 2007 (atau seterusnya mungkin, kalau masih belum rampung).

Sumber berita : detikinet.

PS : Kalau ada rekan2 yang terlibat di Pandi, beri informasi lebih lanjut ya…

ICT INDO 2007

Salah satu acara IT yang sebentar lagi digelar di Jakarta adalah ICT2007.
Yaitu tanggal 3 sampai dengan 5 Mei 2007 ini.

“Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) akan menggelar pameran ICT 2007 atau The International Information and Communication Technology Exhibition for Indonesia pada 3-5 Mei 2007.

Pameran dan konferensi telematika yang juga mencakup teknologi multimedia dan penyiaran itu merupakan inisiatif MASTEL yang beranggotakan 12 asosiasi industri terkait telematika di Indonesia.

Bersamaan dengan acara tersebut, organisasi itu juga akan menyelenggarakan inisiatif bersama dengan pemimpin industri, pemerintah, dan asosiasi perdagangan.

Giri Suseno Hadihardjono, Ketua Mastel, melalui siaran pers menyatakan pengembangan telematika di Indonesia mendorong berbagai pihak untuk berbagi visi dalam mengantisipasi era digital dan konvergensi. Satu upaya untuk mencapainya adalah dengan berbagi keahlian dan pengalaman di forum tersebut.”

Sumber : www.mastel.or.id

Kalau tidak ada halangan sih, semoga bisa hadir disana (walau tidak penuh semua hari). Ini jadwal konferensi dan konferensi Teknis .

Kalau ada yang mau hadir, silahkan komentar, kapan mau kesana.
Siapa tahu bisa ketemuan disana :))).

Oh, iya, lokasinya di JCC Jakarta Convention Center (Peta Lokasi ).

Tarif Telkom Speedy Turun

Baca berita di situs resminya, tarif speedy Telkom bakal turun banyak mulai 1 April ini, juga ada alternatif paket berdasarkan waktu (tabel detil bisa dilihat disana).


Dengan pemberlakuan tarif yang baru, maka biaya berlangganan bulanan untuk paket Limited Home (sebelumnya disebut paket Speedy personal) misalnya, akan turun dari semula Rp 300 ribu per bulan menjadi Rp 200 ribu per bulan dengan tarif pemakaian melebihi quota (excess usage) yang juga turun menjadi Rp 0,5 per KB.

Demikian juga, terjadi penurunan yang sangat signifikan untuk biaya bulanan paket Speedy Unlimited (pemakaian tidak terbatas) yang semula Rp 2 juta menjadi hanya Rp 750 ribu, atau turun 63%.

Tentang kecepatan akses Internet yang ditawarkan, Eddy Kurnia menyatakan bahwa Telkom, dengan memperthitungkan kondisi gateway yang ada, telah menetapkan kecepatan downstream/upstream sebesar 384/64 Kbps.

Time-Based

Mulai 1 April 2007, Telkom juga merilis paket Speedy berbasis waktu (Speedy Time-based). Paket ini diprediksi akan mendapat respon menggembirakan dari masyarakat karena dengan biaya bulanan yang hanya Rp 200 ribu, pelanggan Speedy Time-based akan mendapatkan quota pemakaian selama 50 jam, sedangkan biaya yang dikenakan untuk pemakaian di atas 50 jam (excess usage charge) hanya Rp 750 per 30 menit.
SPEEDY : Time-based
Biaya Pendaftaran Rp 75,000
Biaya Bulanan Rp 200,000
Quota (Max Usage Allowance) 50 Jam
Biaya Pemakaian Melebihi Quota Rp 750 per 30 menit

Tapi baca komentar dimana2 sih, banyak yang gak percaya.
Semoga saja, tidak ada ralat kemudian (kecuali semakin murah).
Semoga saja, kualitasnya tetap (harus) lebih baik.
Semoga saja, bukan korban hacked

Semoga saja, (maaf) bukan April mop yang keduluan πŸ™‚

Ya, semoga sajalah ……………
sehingga bisa memajukan perinternetan kita.

Gangguan Internet Karena Banjir

Rupanya banjir tidak hanya memacetkan jalan raya saja.

Tadi malam baru saja lihat berita soal banjir di Jakarta, yang memacetkan (sebagian) lalu lintas Jakarta.

Eh hari ini terima informasi bahwa akibat bajir, terjadi pemadaman listrik di sentral telkom (Gatsu Jakarta).
Akibatnya beberapa ISP yang mempergunakan fasilitas Telkom juga ikut tidak bisa diakses.
Otomatis koneksi internet terganggu.
Konon diharapkan sekitar 6 – 8 jam baru bisa teratasi.

Bukan hanya internet saja, tapi disebagian dareah Jakarta, line telepon juga ikut tidak bisa dipergunakan.

Banjir ….. banjir ….. banjir …. 😦

Indonesia’s Internet Connection Down

From Enda’s Blog :

Asian Internet Access Disrupted!:
due to Taiwan Earthquake (Tue 1226 GMT), undersea cables damaged: (Six) submarine cables are not working due to the earthquake near Taiwan.. Confirmed that Internet connection is disrupted in Indonesia, Singapore, Thailand. Users can’t browse international sites (or really slow), Google and Yahoo are both inaccessible. In Thailand connection are up and down. This must be what end of days feels like πŸ˜€

It’s mean :
No posting and comment (and others internet activity) from/to Indonesia, until it fixed or we get alternate connection 😦

Update : Not all connection down. Some A few of us still can connect.

Blog Fun Day @ Sasana Budaya Ganesa ITB

Buat yang mau tahu tentang blog, atau mau ketemu dengan praktisi blog yang terkenal, silahkan datang saja ke acara ini.
Info didapat dari Rendy (^c ^v aja ya …) :


Acara Blog Fun Day diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dalam meningkatkan minat dalam menulis Blog, ditargetkan kepada Pelajar SMP, SMU, Mahasiswa dan Kalangan Umum. Menulis Blog merupakan sebuah kegiatan positip, dari sekedar iseng-iseng lalu menjadi hobby dan bahkan berkembang menjadi sebuah pekerjaan.

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Narasumber disini yang berkenan datang adalah :

Kuncoro – Rendy – Ikhlasulamal

Bagi rekan-rekan blogger lain, diharapkan kedatangannya dalam acara ini, ada sesi sharing dan talkshow Blogger, itung-itung kopdar , atau Boleh juga jika ingin menjadi Narsum dadakan

Untuk Blogger Pemula atau yang ingin belajar ngeblog, ada Workshop mengenai blogging, disana akan dikupas mengenai bagaimana cara ngeblog yang asyik dan efektif, tips tips ngeblog juga ada disini, mulai dari memilih koneksi internet, memilih nama domain dan web hosting, blogging gratisan, dan juga cara publikasi blog.

Ada fasilitas komputer untuk training dan akses internet gratis, serta wifi atau Hotspot Zone. Juga games, doorprize serta domain name gratis.

PS: Ada akses Internet Super Cepat gratis menggunakan WIFI atau HOTSPOT di acara ini.


Semoga menghasilkan bibit2 blogger yang berkualitas πŸ™‚
Dan kayaknya asik juga tuh untuk tempat kopdar ….

Speedy – Turun Harga atau Cuma Promosi ?

Atas referensi teman dibacalah berita detik, yang katanya mulai 10 Nov ini speedy turun harga. Ini pasti menggembirakan (sebagian) pengguna internet di Indonesia yang mencari2 alternatif murah.

Tapi ternyata info yang terpercaya dari milis gajah, lebih lanjut menyatakan bahwa :
* harga itu bukan penurunan tarif
* tapi hanya discount 3 bulan pertama
* di bulan ke 4 , tarif nya balik normal lagi

Coba telepon 147 Bandung sendiri, belum ada info resmi dan belum menerima info penurunan ini.
Hanya saja untuk bulan Nov ini ada penambahan quota. (Entah bulan2 selanjutnya, kata operator).

Di situs http://www.telkomspeedy.com/ sendiri gak ada informasi soal penurunan ini.

Sayang, perusahaan telekomunikasi, “kurang berhasil” mengkomunikasikan informasinya.

Alat Pencari (Pengirim) SMS Bohong

Sekarang katanya ada alat untuk mencari siapa pengirim sms bohong. Sehingga dalam kasus sms gempa palsu yang lalu, sudah diketemukan 19 orang saksi.

Tapi sayang kalo seandainya pengirim sms itu dari luar negeri. Susah birokrasinya.

Dulu sempat kepikir, caranya paling2 query berulang2 dan mecocokan isi dan log pengiriman sms (dengan sistem terbalik). Tapi ternyata sudah ada alatnya πŸ™‚ Huebat euy ..
Entah rupa dan cara kerja alat itu. Ada yang tahu ?

Tentunya dengan alat semacam ini, membantu masyarakat, terutama yang pernah dapat sms “menang undian” bohongan, bisa juga mengecek siapa pengirimnya, sehingga bisa ditindaklanjuti oleh pihak berwenang. Dan menurunkan kerugian yang bisa terjadi

Tapi tunggu dulu …… disisi lain, bagaimana dengan efek psikologinya ?
Misalnya saya jadi takut kalau mengirimkan sms2 “peristiwa berikutnya”, takutnya nanti disangka berbohong, nanti dikenai tindak pidana deh. Belum lagi, kalau yang mengirimkan itu sendernya “OPERATOR GSM” atau malah “BMG” (eh, sendernya BMG apaan sih?)

Tapi jadi inget, apakah memang betul2 bisa dilacak? Kan ada layanan yang membuat kita bebas mengganti sendernya itu.

Pelajaran buat kita sih … kabar bohong itu tidak mahal, tapi efeknya mahal bener…….

Andai Roy Suryo Jadi Blogger

Pria bergelar Kanjeng Raden Mas Tumenggung (merujuk Roy Suryo/RS)itu juga mengkritik model blog yang digunakan dalam situs Menhan. “Itu kan tidak resmi, sepatutnya sebagai pejabat publik harus menampilkan citra yang baik, termasuk dalam berkomunikasi melalui internet,” ujarnya.

JawaPos – Situs Dotcom Menhan Dikritik

Entah mengapa Bapak Roy Suryo (RS) tampaknya punya “alergi” dengan blog.
Saya sendiri tidak terlalu kenal dekat beliau, paling membaca komentar2 beliau (khususnya topik2 hangat) :).

Tapi maaf, tulisan dibuat bukan untuk menjelek2an Beliau .
Tulisan ini hanya merupakan lamunan, seandainya seorang RS membuat blog pribadinya.
Tujuannya untuk menggambarkan hasil2 positif apa saja yang bisa dihasilkan.
Siapa tahu beneran bisa menggugah RS untuk beneran buat blog pribadi.

1. Ide/pemikiran Pak RS akan lebih cepat dan luas tersebar (memanfatkan rss/sindikasi/trackback).
Bandingkan dengan media sms yang lebih memakan biaya. Jadi tidak usah meng-sms satu persatu wartawan untuk menyampaikan suatu ide.

2. Dengan HP multi provider dan kemampuan multimedianya, kapan dan dimana saja bisa posting/podcast/videocast. Bahkan bisa jadi reporter (istilahnya kampung gajah lipe-repot).
Misalnya saja topik “Trik/prosedur melacak lokasi seseorang via HP”.
Jadi lebih transpran dan jelas bagi publik, dan publik bisa melakukan juga jika dibutuhkan (misalnya ada kasus orang yang diculik) . Siapa tahu alat2 mahal yang dipakai bisa disewakan juga, sehingga membantu masyarakat yang membutuhkan alat tersebut.

3. Bisa lebih cepat membantah kabar bohong.
Kan punya (sejumlah) perangkat parabola yang dimiliki, jadi bisa ngecek dong informasi2 salah. Misalnya tidak ada berita “Bla bla bla” dari CNN”.
Nanti bisa jadi kontributor utama ter-validasi (istilah gadtorade) di hoax.wordpress.com πŸ™‚

4. Kolaborasi ide.
Dengan trackback dan komentar, diskusi lebih terbuka dan koreksi “kekeliruan” jika ada bisa cepat dilakukan. Apalagi kalau itu memang bukan bidang keahlian.
Jadi hasil akhir lebih terjamin “kebenarannya”.
Malu dong, jika, seandainya, pengumuman resmi seorang pakar ada kekeliruannya. Fatal lagi.
Dan bukankah dengan banyak masukkan, sebuah ide bisa lebih bagus ?

5. Sebagai seorang pakar yang sering berhubungan dalam pemerintah, bisa menjadi perantara, atau lebih2 menyuarakan masukan dari masyarakat, serta memahami kebutuhan masyarakat.
Misalnya, kalau ada ada yg komentar/usul tentang harga internet yang murah, masa gak bisa sih menjembatani usulan ke pemerintah ?

6. Menjadi ketua gerakan mencanangkan tahun 2007 nanti sebagai Tahun Blog Indonesia. Idenya, adalah agar semakin banyak masyarakat luas yang memahami dan mengambil manfaat dari keberadaan blog.
Pasti banyak yang berterima kasih atas usaha ini. Apalagi didukung oleh “iklan bersama” bloger2 Indonesia.

7. Menghilangkan keragu2an umum (khususnya yang mendapat informasi salah tentang blog) bahwa media ini memiliki citra yang baik, sehingga mendorong pertumbuhan para (calon) blogger lainnya, yang tadinya sempat ragu dengan media ini.
Bayangkan kalau para pakar2 (seindonesia) nge-blog sesuai dengan keahlian masing2.
Misalnya kalau dari dulu Harry posting tentang susu formula gak bagus, berapa tuh yang bisa dihemat?

8. Semua data/fakta/informasi yang dibicarakan, bisa didownload diblog pribadi RS dengan tag “referensi”. Misalnya tidak perlu orang bersusah payah mencari darimana angka 68% itu.
Penghematan kan ….

9. Tidak perlu membuat kartu nama yang mencantumkan nomor rekening bank.
Cukup lihat data pribadi diblog saya saja. http://roysuryo.web.id/ misalnya.

10. Atau dari pada punya kartu nama seperti Matt Mullenweg, yang berisi β€œ1. Go to google.com. 2. Type in β€œMatt.” 3. Press β€œI’m feeling lucky.”, cukup katakan saja “Masa saya masih pakai kartu nama, lihat blog saya saja”. Lebih keren kan….
Malah tidak perlu membuat kartu nama. Karena alamat blog sudah dibroadcastkan dulu ke semua media massa dan bahkan jika perlu semua nomor hp (seperti sms masal dari Presiden).

Apa lagi ya ….. ?
Silahkan komentari saja lamunan Anda.
Tapi tolong berikan komentar yg membangun, jangan menjelek2an.
Bisa2 nanti saya dikenai tuduhan pemburukan identitas.
Gunakan saja gaya bahasa “yang cocok”

Atau saya tambahkan deh :

“Segala komentar dibawah ini, merupakan tanggung jawab masing2 !!!”

Picasa Web Albums (Google Photos)

Satu lagi layanan dari Google. Picasa Web Albums.
Layanan ini memungkinkan kita menyimpan foto2 diserver google.
Seperti yang sudah2, layanan ini didapat dengan menunggu undangan melalui email gmail kita.

Layanan ini tampaknya untuk menyaingi layanan Yahoo! Photos. Tetapi kalau dibandingkan dengan Flickr, layanan google ini masih terasa biasa.
Tapi seperti juga gmail, pasti akan dikembangkan lebih lanjut. Sekarang saja statusnya masih “test”, belum “beta” πŸ˜›

Versi gratis layanan ini menyediakan layanan media penyimpanan 250MB. Dan bisa diperbesar ukurannya menjadi 6GB dengan membayar sebesar $25 pertahunnya.

Untuk mengupload, bisa mempergunakan browser biasa.
Tetapi untuk kemudahan, sebaiknya mempergunakan program Picasa. Download picasa (beta) baru (beta).

Program ini merupakan salah satu program pengelola foto terbaik yang pernah saya pakai.
Gratis lagi. Sayang saja saya merasa kehilangan saat dulu melihat blognya tampak tidak diupdate.

Secara online, kita juga bisa merotasi, dan memberi judul pada gambar kita. Juga bisa memberikan komentar.

Ingin melihat tampilannya? Silahkan lihat albumnya Enda.

Jadi tunggu apa lagi, ayo buruan coba ……!